5 Tips Penggunaan Access Control di Gedung

Posted on Jul 20, 2022

Access Control adalah solusi utama dalam keamanan gedung komersil. Gunakan Access Control dari Distributor Resmi Honeywell, Hikvision, ZKTeco dan SPC Indonesia.


Banyak dari gedung-gedung tinggi di perkotaan bersifat dinamis dalam fungsinya. Beberapa gedung bisa digunakan sebagai apartemen, kantor, gerai, dan masih banyak lagi fungsinya. Oleh sebab inilah dibutuhkan sebuah sistem yang bisa mengatur keluar masuknya orang-orang didalam gedung yang juga berfungsi sebagai keamanan utama agar tiap orang tidak masuk ke sembarang tempat yang bersifat tertutup untuk orang-orang tertentu saja. Access Control adalah solusi utama dalam keamanan gedung komersil. Sistem ini berfungsi untuk mengawasi dan mendata siapa saja yang keluar atau masuk ke tiap area didalam gedung. Sistem ini juga membatasi pengunaan akses tiap lantai dan ruangan peorangan agar sesuai dengan hak akses yang diberikan pada tiap individu. Penggunaan Access Control pada gedung sudah sangat berguna untuk keamanan penghuninya, namun apakah pemilik gedung sudah memaksimalkan fungsinya dengan efektif? Cek lima tips dibawah agar pengunaan access control dalam gedung anda bisa dimanfaatkan se-efektif mungkin.

Access control terpusat

Distributor Access Control Hikvision Honeywell ZKTeco dan SPC Indonesia

Langkah awal dalam penggunaan Access Control dalam Gedung/Bangunan adalah dengan membuat dan memastikan bahwa Access Control terpusat dalam satu sistem terintegrasi yang bisa diakses oleh pengelola gedung. Ini akan menjadi tulang punggung dari keamanan gedung yang dimana access control akan menghubungkan komponen-kompenen penting dalam sistem keamanan gedung itu sendiri. Dengan Access Control terpusat, pengelola bisa dengan mudah menerbitkan dan memberi hak pada tiap-tiap penghuni gedung agar penggunan akses mereka sesuai dengan apa yang mereka dapatkan.

Biometrics untuk keamanan

Selain penggunaan kartu ID dalam keamanan standar, biometrics juga umum digunakan dalam pengunaan Access Control bangunan. Access Control Biometrics adalah sistem keamanan berbasis sidik jari, retina mata, dan pengenalan wajah. Pengunaan biometrics terbukti lebih aman dibandingkan dengan kartu ID dikarenakan orang yang bersangkutan harus menunjukan sendiri bahwa dialah yang memiliki akses tersebut. Sistem keamanan biometrics sudah menjadi standar keamanan tinggi yang dimana pengguna selalu berhubungan dengan data sensitif atau membatasi akses ruangan atau lantai yang tertutup untuk publik.

Pengawasan akses perorangan

Salah satu pengunaan Access Control adalah untuk mengawasi pergerakan tiap individu dalam gedung itu sendiri. Access Contol akan secara otomatis mendata lokasi dan waktu dari siapa saja yang mengakses area gedung tertentu. Dengan bentuk keamanan seperti ini, pengelola dapat dengan mudah melacak access control dan menemukan kejanggalan didalam sistem dan lebih penting lagi untuk mengisolasi lokasi hal-hal mecurigakan yang terjadi di lingkup ruang tertentu.

Pemantauan situasi dan titik keluar masuk penghuni

Access Control juga berfungsi untuk memantau situasi dalam gedung pada saat jam sibuk dimana banyak orang keluar masuk area tertentu. Dengan memantau keluar masuknya orang-orang dalam gedung kita bisa mengidentifikasi siapa saja yang mengakses area tertentu dan darimana mereka dapat akses tersebut. Ini merupakan cara ideal untuk menentukan area yang butuh pengamaman lebih atau area tidak terdeteksi di sistem yang mungkin jadi celah keamanan dalam gedung.

Pengamatan terhadap access control

Meskipun Access Control terlihat aman dan efektif dalam penggunaannya, pengelola gedung tetap harus waspada terhadap orang-orang yang tampaknya membiarkan pintu terbuka hanya untuk orang lain. Banyak dari pemilik akses memperbolehkan orang yang tidak berwenang masuk kedalam gedung yang dimana hal ini dapat menimbulkan celah keamanan dari dalam. Maka dari itu, penting juga untuk menerapkan aturan dan arahan kepada para pemilik akses agar tidak membiarkan sembarang orang untuk masuk ke area tertentu dalam gedung agar keamanan tetap terjaga. Kesimpulannya, pengunaan Access Control sangat membantu pengelola untuk memantau dan mengawasi pergerakan tiap pengguna akses dalam sebuah gedung. Pemantauan harian berguna untuk memastikan tidak ada kejanggalan dan ancaman yang dapat terjadi didalam gedung yang dimana keamanan dan ketentraman tiap penghuni tetap terjaga dengan baik.

Distributor Access Control Distributor CCTV Distributor Sistem Keamanan Gedung

Berikan akses yang tepat untuk setiap bagian bangunan anda. Produk teknologi Access Control dari ZKTeco dan Honeywell Indonesia yang kami rekomendasikan, dapat membantu anda memastikan setiap objek yang masuk ke sebuah area sudah dikenali, mencegah objek tidak dikenal masuk, serta dapat memberi anda teknologi yang dibutuhkan untuk memberikan solusi keamanan yang canggih. Memahami lingkungan bisnis yang unik sangat penting untuk memastikan bahwa solusi memenuhi kebutuhan pengguna. Tujuan kami adalah untuk membantu Anda mewujudkan potensi penuh dari teknologi terbaru dengan menyediakan sistem berkinerja tinggi yang memberikan keandalan tanpa kompromi.

Produk Access Control dari ZKTeco dan Honeywell Indonesia yang kami sediakan, memberi Anda teknologi yang Anda butuhkan untuk memberikan solusi keamanan canggih dalam berbagai aplikasi yang terintegrasi.

Kami berkomitmen menyediakan seluruh kebutuhan terkait teknologi sistem keamanan untuk perusahaan dan gedung bisnis yang terbaik dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan anda. Kami memiliki banyak produk Access Control dari brand-brand ZKTeco dan Honeywell Indonesia yang dikenal oleh sebagian besar pelaku bisnis dan masyarakat umum dan telah banyak digunakan oleh seluruh lini bisnis.

Bersama MBS CCTV, kami akan membantu memenuhi kebutuhan teknologi sistem keamanan anda secara profesional karena kami merupakan perusahaan yang bergerak di bidang teknologi sistem keamanan serta merupakan distributor resmi dari brand-brand ternama dan terpercaya seperti Honeywell Indonesia, HIKVISION Indonesia, ZKTeco Indonesia, SPC Indonesia dan brand-brand lainnya.

Hubungi kami!
(031) 591-4700 / (031) 593-9337
marketing@mbscctv.com
https://www.mbscctv.com/

Kunjungi kami!
Jalan Dharmahusada Utara No.22 Surabaya 60285, Indonesia

Read Next

Memahami Pengertian Logistik dalam Supply Chain
Feb 22, 2024
Dalam rantai pasokan (supply chain), pengertian logistik merujuk pada manajemen distribusi barang dan jasa dari titik produsen ke titik konsumen akhir.
Efisiensi Biaya Logistik adalah Strategi Supply Chain
Feb 21, 2024
Biaya logistik adalah semua jenis biaya yang dikeluarkan dalam proses pengadaan, perpindahan dan distribusi barang/material dalam sistem supply chain.
Jenis dan Cara Mengoptimalkan Solar Panel Efficiency
Jan 31, 2024
Artikel ini akan membahas tentang apa itu solar panel efficiency, jenis-jenisnya, cara mengoptimalkan, hingga faktor yang memengaruhi efisiensi panel surya.
Mengenal Jenis dan Tips Pemasangan Solar Panel System
Jan 29, 2024
Jika Anda tertarik pasang solar panel system di rumah maupun gedung bangunan, berikut informasi yang perlu diperhatikan. Simak artikel ini hingga tuntas!
Strategi Pengembangan Pasar: Pengertian, Tahapan, dan Tantangannya
Jan 29, 2024
Strategi pengembangan pasar menjadi cara yang banyak digunakan perusahaan terkemuka dunia. Cari tahu lebih jauh mengenai market development strategy di sini.
Cold Chain Logistics: Pengertian, Proses, dan Manfaatnya
Jan 27, 2024
Simak pembahasan lebih lanjut di bawah ini mengenai apa itu cold chain logistics hingga bagaimana perusahaan mengintegrasikan cold chain logistics.