Manajemen Transportasi untuk Tingkatkan Keselamatan & Keamanan

Posted on May 10, 2024

Tahukah Anda, dengan memasang dashcam artinya Anda telah menerapkan manajemen transportasi? Ya, dashcam merupakan salah satu alat manajemen transportasi.


Apakah Anda atau staf driver di perusahaan Anda pernah mengalami upaya perampokan ataupun kecelakaan di jalan saat sedang berkendara? Di sinilah pentingnya memasang dashcam, yaitu kamera CCTV pada dashboard. Sehingga, apabila hal tersebut terjadi akan lebih mudah untuk membuktikan ke pihak terkait ataupun saat klaim asuransi.

Namun tahukah Anda, dengan memasang dashcam artinya Anda telah menerapkan manajemen transportasi? Ya, dashcam merupakan salah satu alat manajemen transportasi.

Disamping dashcam, ada juga tracking fleet management yang merupakan sistem manajemen transportasi

Manajemen Transportasi untuk Tingkatkan Keselamatan & Keamanan

Key Takeaways

  • Manajemen transportasi adalah pengelolaan armada logistik dalam sebuah perusahaan.
  • Keuntungan menggunakan tracking fleet management system, yakni mengendalikan armada 24/7 secara real-time, merekam riwayat perjalanan, memantau penggunaan bahan bakar, memastikan keamanan dan kepatuhan pengemudi, perawatan kendaraan, dan efisiensi jarak tempuh.
  • Keuntungan menggunakan dashcam adalah bukti dalam kecelakaan, keamanan dan deteksi tabrakan, keamanan kendaraan saat parkir, serta memantau perilaku pengendara.

Pada artikel ini, kami akan mengajak Anda mencari tahu lebih jauh tentang manajemen transportasi yang penting untuk pengelolaan armada logistik dalam sebuah perusahaan. Mari simak pembahasannya di bawah ini.

 

Apa itu Manajemen Transportasi?

Manajemen transportasi adalah pengelolaan armada logistik dalam sebuah perusahaan.

Kegiatan manajemen transportasi, meliputi:

  • menghitung biaya operasional kendaraan, 
  • menganalisis kebijakan tarif, 
  • menganalisis rute transportasi yang paling efektif dan efisien dalam penggunaan waktu dan bahan bakar.

Di era kecanggihan teknologi seperti saat ini, kegiatan manajemen transportasi menjadi lebih mudah dengan adanya sistem manajemen transportasi. 

Sistem manajemen transportasi adalah rangkaian sistem yang dipasang pada kendaraan agar dapat dilacak oleh pemilik kendaraan atau pihak ketiga lainnya. 

Menurut kami, peningkatan otomatisasi dan akurasi logistik melalui sistem manajemen transportasi sangat bagus untuk perusahaan dan konsumen. 

Bagi perusahaan, mereka dapat meningkatkan kapasitas dan tingkat pemenuhan pengiriman yang lebih tinggi tanpa khawatir kewalahan. 

Sementara bagi konsumen, mereka dapat memperoleh barang dengan lebih cepat dan tidak repot.

 

Manajemen Transportasi dengan Tracking Fleet Management System

Tracking fleet management system (FMS) bukanlah hal yang asing dalam perusahaan atau industri yang fokus pada jasa transportasi, pengantaran barang, maupun distribusi hasil produksi. 

Tracking fleet management system atau sistem pengelolaan armada adalah perangkat lunak yang melakukan pelacakan kendaraan saat berada di jalan. Ini biasanya dilakukan oleh perangkat pelacak GPS yang dipasang ke kendaraan, yang berkomunikasi dan mengirim data ke server dan dioperasikan oleh penyedia FMS.

Kepatuhan dan keselamatan merupakan tantangan besar bagi bisnis truk dan pengemudinya. Dengan adanya GPS pada tracking fleet management system, perusahaan dapat melacak kebiasaan mengemudi, seperti kecepatan berlebih, akselerasi cepat, dan pengereman agresif untuk mengidentifikasi masalah pengemudi sebelum menjadi kewajiban perusahaan.

Tracking fleet management system akan lebih cocok untuk perusahaan dengan masalah manajemen aset, seperti di negara-negara besar, dimana tidak jarang kendaraan dicuri atau ketika ada kebutuhan untuk memantau lokasi yang tepat dari kendaraan, dan terutama untuk transportasi jarak jauh, lintas batas, atau antarnegara bagian.

Keuntungan Menggunakan Tracking Fleet Management System

1. Mengendalikan Armada 24/7 Secara Real-Time

Tracking fleet management system memudahkan bisnis dalam memantau dan melacak armada dengan informasi terkini mengenai lokasi, status, dan parameter lainnya secara langsung. 

Kemampuan ini meningkatkan visibilitas armada secara keseluruhan, memudahkan perusahaan memberi respons, serta pengambilan keputusan yang lebih baik terhadap situasi yang dinamis.

Hal ini juga dapat meminimalisir kesalahan dan tidak efektifnya operasional armada maupun pengendara agar tidak menimbulkan kekecewaan klien atau konsumen bisnis Anda.

2. Riwayat Perjalanan  

Selain dapat melacak kendaraan secara real-time, tracking fleet management system yang terintegrasi GPS juga dapat menyimpan riwayat perjalanan armada. Ini membantu dalam mengidentifikasi aktivitas armada dan pengambilan keputusan. 

3. Memantau Penggunaan Bahan Bakar

Fleet management system berbasis GPS tracking biasanya dilengkapi sensor bahan bakar juga dapat meningkatkan efisiensi bahan bakar. Dengan begitu, perusahaan dapat lebih efektif menerapkan strategi untuk mengurangi biaya konsumsi bahan bakar.

4. Memastikan Keamanan dan Kepatuhan Pengemudi

Tracking fleet management system juga dapat meningkatkan utilitas dengan memantau perilaku pengemudi, seperti kepatuhan terhadap peraturan lalu lintas, mengebut, pengereman mendadak, menikung tajam, dan keluar jalur dari rute yang ditentukan.

Dengan begitu, Anda dapat meningkatkan keselamatan pengendara, mengurangi risiko kecelakaan, dan menghemat biaya asuransi.

5. Perawatan Kendaraan

Performa kendaraan menjadi faktor penting terhadap efektivitas operasional armada. Tracking fleet management system akan mengecek kualitas mesin dan memprediksi kapan harus melakukan servis. Secara otomatis, sistem akan membunyikan alarm sebagai pengingat bila waktu maintenance sudah dekat. Terdapat pula pengingat kapan harus mengganti oli rutin.

Dengan begitu, Anda dapat melakukan perawatan kendaraan secara rutin tanpa terlewat, sehingga dapat memperpanjang masa pakai kendaraan dan performa kendaraan di jalan dapat optimal. 

6. Efisiensi Jarak Tempuh

Penggunaan fleet management system berbasis GPS tracker memungkinkan perusahaan mengetahui persentase durasi operasional setiap kendaraan armada yang dimiliki agar lebih seimbang. Selain itu, fleet management system juga memiliki fitur untuk memilih rute tercepat ke tempat tugas.

Baca juga: Cold Chain Logistics: Pengertian, Proses, dan Manfaatnya

 

Manajemen Transportasi dengan Dashboard Camera atau Dashcam 

Manajemen Transportasi dengan Dashboard Camera atau Dashcam Dashboard camera (dashcam) atau kamera dasbor adalah kamera mini yang dipasang di dashboard atau kaca depan mobil.

Kamera ini didesain untuk merekam kondisi jalanan selama mengemudi. Cara kerja dashcam mirip dengan kamera pengawas atau closed circuit television (CCTV).

Biasanya, proses perekaman didesain secara otomatis dan dimulai ketika mobil dinyalakan. Dashcam menjadi salah satu cara mencegah kejahatan saat mengemudi.

Dashcam biasanya terhubung ke sistem listrik mobil atau menggunakan baterai internal dan dapat merekam video dalam format loop secara terus-menerus. 

Umumnya, dashcam dilengkapi dengan lensa sudut lebar yang mencakup pemandangan depan jalan dan juga dapat merekam suara atau informasi lain, seperti kecepatan kendaraan. 

Keuntungan Menggunakan Dashboard Camera atau Dashcam 

1. Bukti dalam Kecelakaan

Dashcam merekam video secara kontinu saat mengemudi, sehingga dapat digunakan sebagai bukti dalam kasus kecelakaan lalu lintas. Video rekaman dapat membantu mengklarifikasi kejadian.

2. Keamanan dan Deteksi Tabrakan

Beberapa dashcam dilengkapi dengan fitur deteksi tabrakan yang mengaktifkan rekaman saat terjadi benturan atau guncangan yang kuat. 

3. Keamanan Kendaraan saat Parkir

Fitur ini dapat merekam video jika ada gerakan atau benturan yang mencurigakan di sekitar kendaraan, memberikan perlindungan tambahan terhadap pencurian atau kerusakan.

4. Memantau Perilaku Pengendara

Dashcam yang memiliki 2 kamera, salah satunya bisa dihadapkan ke dalam mobil. Ini sangat bermanfaat untuk memantau situasi di dalam kendaraan, termasuk untuk memantau perilaku pengendara di perjalanan. Alhasil, jika terjadi sesuatu seperti tindak kejahatan, rekaman dashcam bisa dijadikan alat bukti.

Dashcam juga bisa dipakai untuk memantau kondisi di belakang mobil. Saat mobil ditabrak dari belakang, dapat terlihat apakah penabrak sedang fokus menyetir atau terdistraksi seperti main ponsel.

--

Berdasarkan penjelasan di atas, kini Anda telah mengetahui apa itu manajemen transportasi. Apabila Anda tertarik menggunakan kamera CCTV pada dashboard untuk kebutuhan bisnis maupun pribadi, perangkat CCTV dari MBS CCTV patut jadi pertimbangan Anda. 

Baca juga: Efisiensi Biaya Logistik adalah Strategi Supply Chain

Read Next

Alasan Mengapa Perumahan Perlu Kamera CCTV Perumahan
May 20, 2024
Apa sebenarnya pentingnya menggunakan CCTV untuk perumahan? Kami akan membahas lebih dalam tentang alasan yang perlu diketahui dari mengapa perumahan perlu CCTV
Mengenal Apa Itu Teknologi Pengenalan Wajah dan Cara Kerjanya
May 20, 2024
Ada beragam teknologi keamanan, dari yang awalnya menggunakan CCTV, teknologi biometrik seperti sidik jari, bahkan sekarang terdapat teknologi pengenalan wajah.
Memahami Photoelectric Smoke Detector dan Cara Kerjanya
May 17, 2024
Artikel ini akan membahas hal-hal yang perlu Anda ketahui tentang photoelectric smoke detector. Jadi, baca artikel ini selengkapnya hingga selesai.
Cara Instalasi Fire Alarm Addressable Berdasarkan Standar NFPA
May 17, 2024
Instalasi fire alarm tidak hanya merupakan persyaratan hukum, tetapi juga penting dalam meminimalkan risiko kebakaran dan melindungi nyawa serta properti.
Tingkatkan Keamanan Bangunan dengan Sensor Fire Alarm Berkualitas
May 16, 2024
Dalam upaya mengantisipasi bahaya kebakaran, penggunaan sensor fire alarm menjadi langkah yang tak terelakkan. Simak mengenai sensor fire alarm di sini!
Honeywell Fire Alarm, Perlindungan Proaktif dari Kebakaran
May 16, 2024
Honeywell Fire Alarm adalah salah satu merek ternama yang menawarkan sistem alarm kebakaran canggih untuk berbagai jenis bangunan, seperti rumah dan kantor.