Mengenali Fitur Alarm CCTV untuk Meningkatkan Keamanan Properti

Posted on Jan 18, 2024

Teknologi CCTV terbaru juga semakin berkembang dalam dunia security. Salah satunya dengan adanya fitur alarm CCTV. Artikel ini akan membahas lebih lanjut.


Keamanan properti merupakan prioritas utama dalam membantu meningkatkan keamanan lingkungan. Pemilik properti umumnya menggunakan kamera CCTV untuk memantau dan menjaga keamanan properti. Hal ini karena CCTV memiliki kelebihan dapat merekam segala aktivitas yang terjadi di properti tersebut dan sekitarnya. Tidak hanya itu, CCTV juga dapat mengawasi properti setiap saat.

Mengenali Fitur Alarm CCTV untuk Meningkatkan Keamanan PropertiKey Takeaways

  • Dalam sistem CCTV, alarm bekerja melalui berbagai sensor yang dipasang di CCTV. Sensor ini biasanya dipasang dan mendeteksi berbagai aktivitas, gerakan, atau potensi pelanggaran keamanan yang mencurigakan.
  • Ada dua sistem alarm dalam CCTV, yaitu sensor gerak dan system failure

Dulu, CCTV hanya dapat menampilkan dan merekam video pengawasan dengan kualitas yang rendah. Namun seiring berjalannya waktu, teknologi CCTV terbaru juga semakin berkembang dalam dunia security. Salah satunya dengan adanya fitur alarm CCTV. Artikel ini akan membahas tentang fitur alarm dalam perangkat CCTV yang penting untuk Anda ketahui.

 

Bagaimana Cara Kerja Alarm CCTV?

Dalam sistem CCTV, alarm bekerja melalui berbagai sensor yang dipasang di CCTV. Sensor ini biasanya dipasang dan mendeteksi berbagai aktivitas, gerakan, atau potensi pelanggaran keamanan yang mencurigakan.

Saat CCTV merekam dan alarm dalam CCTV mendeteksi adanya ancaman atau aktivitas yang mencurigakan, secara otomatis alarm akan mengaktifkan suara peringatan yang keras untuk mencari perhatian pemilik properti. Selain itu, alarm juga akan mengirimkan notifikasi ke pemilik properti melalui aplikasi yang terhubung dengan CCTV secara otomatis.

Baca juga: Mengenal CCTV Camera Wireless, Kelebihan dan Kekurangannya

 

Sistem-Sistem Alarm yang Ada dalam CCTV

Sistem-Sistem Alarm yang Ada dalam CCTVPada dasarnya, ada beberapa sistem alarm yang umum ditemui dalam CCTV, seperti:

1. Motion Detection

Sensor gerak atau motion detection merupakan salah satu sistem alarm yang umum ditemui dalam CCTV. Pada dasarnya, motion detector merupakan sistem sensor yang dapat menangkap adanya aktivitas gerakan dalam radius jarak tertentu.

Saat sensor alarm menangkap adanya aktivitas atau gerakan yang mencurigakan, secara otomatis sistem CCTV akan menangkap gambar dari gerakan tersebut dan mengirim notifikasi ke pemilik properti melalui jaringan seluler dan aplikasi CCTV yang ada. Lewat sistem alarm ini, CCTV dapat menjaga properti dari adanya potensi penyusupan yang mencurigakan.

2. System Failure Alarm

Sistem ini bekerja tidak untuk mendeteksi adanya gerakan yang direkam oleh kamera, tetapi bekerja jika kamera CCTV mengalami masalah yang tidak wajar. Melalui sistem alarm ini, CCTV dapat mengirimkan notifikasi kepada pemilik jika ada kesalahan dalam CCTV.

Kesalahan ini meliputi kerusakan perangkat, seperti harddisk dalam CCTV, yang mana nantinya pemilik akan mengetahui adanya kesalahan pada CCTV tersebut. Selain itu, CCTV akan mengirimkan notifikasi jika kamera dengan secara sengaja dicabut atau malfungsi akibat orang yang tidak bertanggung jawab.

CCTV dapat diaplikasikan untuk mengawasi rumah Anda. Untuk kebutuhan yang lebih spesifik terkait keduanya, Anda dapat melihat katalog lengkap di distributor security system terpercaya yaitu MBS.

Baca juga: Jenis CCTV Rumah Terbaik, Perhatikan Karakteristiknya!

 

Read Next

Memahami Pengertian Logistik dalam Supply Chain
Feb 22, 2024
Dalam rantai pasokan (supply chain), pengertian logistik merujuk pada manajemen distribusi barang dan jasa dari titik produsen ke titik konsumen akhir.
Efisiensi Biaya Logistik adalah Strategi Supply Chain
Feb 21, 2024
Biaya logistik adalah semua jenis biaya yang dikeluarkan dalam proses pengadaan, perpindahan dan distribusi barang/material dalam sistem supply chain.
Jenis dan Cara Mengoptimalkan Solar Panel Efficiency
Jan 31, 2024
Artikel ini akan membahas tentang apa itu solar panel efficiency, jenis-jenisnya, cara mengoptimalkan, hingga faktor yang memengaruhi efisiensi panel surya.
Mengenal Jenis dan Tips Pemasangan Solar Panel System
Jan 29, 2024
Jika Anda tertarik pasang solar panel system di rumah maupun gedung bangunan, berikut informasi yang perlu diperhatikan. Simak artikel ini hingga tuntas!
Strategi Pengembangan Pasar: Pengertian, Tahapan, dan Tantangannya
Jan 29, 2024
Strategi pengembangan pasar menjadi cara yang banyak digunakan perusahaan terkemuka dunia. Cari tahu lebih jauh mengenai market development strategy di sini.
Cold Chain Logistics: Pengertian, Proses, dan Manfaatnya
Jan 27, 2024
Simak pembahasan lebih lanjut di bawah ini mengenai apa itu cold chain logistics hingga bagaimana perusahaan mengintegrasikan cold chain logistics.