Keuntungan Memanfaatkan Panel Surya untuk EV Charger

Posted on May 15, 2024

Seiring penggunaan kendaraan listrik yang kian populer di Indonesia, tentunya perlu didukung infrastruktur pengisian daya atau EV charger yang memadai.


Saat ini, masyarakat dunia tak terkecuali Indonesia, semakin tertarik untuk beralih menggunakan kendaraan listrik atau electric vehicle (EV). Hal ini lantaran kendaraan listrik dinilai lebih ramah lingkungan, hemat energi, dan efisien.

Menurut kami, hal ini merupakan kabar baik, terutama bagi negara berkembang seperti Indonesia yang memiliki tantangan besar terkait polusi udara dan ketergantungan pada bahan bakar fosil.

Namun, seiring penggunaan kendaraan listrik yang kian populer di Indonesia, tentunya perlu didukung infrastruktur pengisian daya atau electric vehicle (EV) charger yang memadai. EV charger memiliki sejumlah manfaat potensial yang dapat mendukung transformasi mobilitas listrik di Indonesia.

Keuntungan Memanfaatkan Panel Surya untuk EV Charger

Key Takeaways:

  • Pengisian kendaraan listrik atau electric vehicle (EV) charger adalah perangkat yang digunakan untuk mengisi daya pada kendaraan listrik.
  • Terdapat 2 jenis EV charger, yakni AC charging dan DC fast charging.
  • Beberapa tahun terakhir, jumlah penggunaan kendaraan listrik terus mengalami pertumbuhan signifikan di Indonesia.
  • Keuntungan menggunakan panel surya untuk EV charger, yakni energi ramah lingkungan, biaya operasional lebih rendah, kemandirian energi, dan potensi penghematan.

Dalam artikel ini, kami akan mengajak Anda mencari tahu lebih jauh tentang tren penggunaan electric vehicle di Indonesia, jenis EV charger, dan solusi terbaik memanfaatkan panel surya untuk EV charger.

 

Apa itu EV Charger?

Pengisian kendaraan listrik atau electric vehicle (EV) charger adalah perangkat yang digunakan untuk mengisi daya pada kendaraan listrik. Dengan kata lain, EV charger berfungsi untuk mengisi ulang daya baterai kendaraan listrik agar dapat terus beroperasi dengan optimal dan memungkinkan mobilitas ramah lingkungan.

 

Jenis EV Charger

Terdapat dua jenis EV charger yang bisa jadi pilihan, di antaranya:

1. AC Charging

EV charger ini menggunakan arus bolak-balik (AC) untuk mengisi daya baterai kendaraan listrik. AC charging umumnya digunakan di rumah-rumah dan gedung-gedung dengan daya listrik yang lebih rendah.

Ada tiga tipe AC charging berdasarkan daya pengisian, yaitu 2.3 kW, 7.4 kW, dan 22 kW.

2. DC Fast Charging

Charger ini menggunakan arus searah (DC) untuk mengisi daya baterai dengan lebih cepat. DC fast charging biasanya ditempatkan di stasiun pengisian umum dan lokasi-lokasi strategis lainnya.

Dengan kecepatan pengisian yang tinggi, DC fast charging sangat berguna untuk pengguna kendaraan listrik yang membutuhkan pengisian cepat.

 

Tren Pengguna Kendaraan Listrik di Indonesia yang Terus Bertambah

Pada tahun 2020, Pemerintah Indonesia meluncurkan “Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai” dalam Rencana Aksi Nasional (RAN) Pembangunan Berkelanjutan (RPJMN) 2020-2024. Program ini dibuat untuk mendukung percepatan penggunaan kendaraan listrik di Indonesia. Caranya beragam, mulai dari pembebasan pajak impor kendaraan listrik hingga pengembangan infrastruktur pusat pengisian daya.

Melansir website resmi Kementerian Perhubungan Republik Indonesia tahun 2024, pemerintah telah meluncurkan kebijakan untuk mengalihkan secara bertahap kendaraan BBM ke kendaraan listrik. Menurut Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan, 35 pemerintah sudah tidak menerbitkan izin produksi kendaraan berbahan bakar minyak (BBM).

Hasilnya positif, menurut data dari Elmecon menunjukkan bahwa dalam beberapa tahun terakhir, jumlah penggunaan kendaraan listrik terus mengalami pertumbuhan yang signifikan di Indonesia.

sumber: https://elmecon-mk.com/ev-charger-abb-untuk-indonesia/

 

Tantangan Pengisian Kendaraan Listrik

Berbeda dengan kendaraan konvensional yang harus ke Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) untuk mengisi bahan bakar minyak, kendaraan listrik tak harus ke stasiun pengisian daya baterai, melainkan bisa dilakukan di rumah.

Namun masalahnya, banyak rumah di Indonesia belum memiliki infrastruktur memadai untuk mengakomodasi pengisian kendaraan listrik. Mengingat, umumnya daya listrik terbarukan pada rumah-rumah terbatas, sehingga menambah EV charger secara langsung dapat menambah beban listrik yang signifikan.

 

Solusi Memanfaatkan Panel Surya untuk EV Charger

Menurut kami, memanfaatkan panel surya untuk EV charger di rumah bisa jadi solusi untuk menjawab tantangan tersebut. Langkah ini juga sekaligus sebagai investasi masa depan.

Penggunaan tenaga surya untuk mengisi daya mobil listrik adalah cara yang paling ramah lingkungan dan berkelanjutan untuk menggerakkan kendaraan listrik.

Cara ini juga membantu mengurangi ketergantungan pada bahan bakar fosil. Pasalnya, banyak mobil listrik masih menggunakan bahan bakar fosil, meski secara tidak langsung.

Pada tahun 2021, 45% listrik Inggris dihasilkan dari pembakaran bahan bakar fosil. Hanya 40% yang berasal dari sumber energi terbarukan seperti tenaga surya, angin, dan air.

Artinya, mengisi daya kendaraan listrik di stasiun pengisian konvensional tidak sepenuhnya menghilangkan konsumsi bahan bakar fosil.

Baca juga: Mengenal Jenis dan Tips Pemasangan Solar Panel System

 

Keuntungan Menggunakan Panel Surya untuk EV Charger

Keuntungan Menggunakan Panel Surya untuk EV Charger

Berikut beberapa keuntungan menggunakan panel surya untuk EV charger yang perlu Anda ketahui:

1. Energi Ramah Lingkungan

Panel surya menghasilkan listrik dari sumber energi terbarukan dan bersih, yaitu sinar matahari. Dengan memanfaatkannya untuk pengisian kendaraan mobil listrik, berarti turut berkontribusi dalam mengurangi emisi gas rumah kaca dan polusi udara.

2. Biaya Operasional Lebih Rendah

Dengan mengandalkan energi matahari, biaya operasional untuk mengisi daya kendaraan listrik menjadi lebih rendah karena sumber daya utamanya berasal dari sinar matahari yang tersedia secara gratis.

3. Kemandirian Energi

Dengan panel surya, rumah Anda dapat dengan mudah memproduksi daya listrik sendiri secara mandiri, sehingga tidak perlu sepenuhnya bergantung pada jaringan listrik publik.

4. Potensi Penghematan

Jika sistem panel surya menghasilkan lebih banyak listrik daripada yang dibutuhkan untuk EV charger, Anda dapat menyimpan kelebihan daya tersebut untuk digunakan pada kebutuhan lain, atau bahkan menjualnya kembali ke jaringan listrik publik.

Baca juga: Kelebihan Panel Surya Dibandingkan Listrik Konvensional

 

Komponen EV Charger Tenaga Surya

Setidaknya, ada 8 komponen utama yang menyusun EV charger tenaga surya, di antaranya:

  1. Solar panels (panel surya).
  2. Solar inverter (inverter tenaga surya).
  3. Energy storage battery (baterai penyimpanan energi).
  4. Charging controller (kontroler pengisian).
  5. Charging connectors and cables (konektor dan kabel pengisian).
  6. Sensor and mentoring (sensor dan pemantauan).
  7. Mounting structure (struktur montase).
  8. Security and protection system (sistem keamanan dan perlindungan).

Setiap komponen berperan penting dalam menyediakan solusi pengisian daya pada kendaraan listrik, dengan sumber daya utamanya adalah tenaga surya.

 

Butuh Berapa Banyak Panel Surya untuk Mengisi Daya Kendaraan Listrik?

Panel surya dapat menghasilkan daya yang cukup untuk memenuhi kebutuhan energi listrik rumah tangga. Namun, untuk mengisi daya kendaraan listrik akan memerlukan lebih banyak listrik secara signifikan.

Jadi pertanyaanya, berapa banyak panel surya yang diperlukan untuk mengisi daya kendaraan listrik?

Umumnya dibutuhkan 7 hingga 12 panel surya untuk mengisi daya kendaraan listrik. Ini tergantung pada merek dan model, cuaca, dan kebiasaan mengemudi Anda.

Anda bisa memasang panel surya di atap garasi. Untuk satu kendaraan listrik kurang lebih bisa diinstal 2000Wp yang bisa menghasilkan listrik kisaran 8.000Wh - 10.000Wh dalam sehari.

Itulah penjelasan mengenai EV charger. Setelah memahami keuntungan mengadopsi panel surya  untuk EV charger, apakah membuat Anda semakin yakin untuk menggunakan produk solar panel? Jika iya, itu adalah keputusan yang tepat!

Saat ini, energi terbaru seperti listrik tenaga surya memang semakin populer di kalangan bisnis dengan berbagai skala, mulai dari yang kecil hingga besar. Hal ini mengingat panel surya dapat tetap bekerja selama pemadaman listrik yang tiba-tiba, juga dapat mengurangi biaya tagihan listrik.

Selain itu, teknologi panel surya juga cocok digunakan untuk aplikasi di berbagai jenis bangunan, mulai dari rumah, gedung komersial perkantoran, ruko, pusat perbelanjaan, hingga bangunan industri, seperti pabrik dan gudang.

Untuk mendapatkan panel surya terbaik percayakan pada MBS CCTV. MBS CCTV siap jadi partner terpercaya untuk instalasi panel surya di hunian atau gedung bangunan Anda. Klik link berikut ini!

Read Next

Alasan Mengapa Perumahan Perlu Kamera CCTV Perumahan
May 20, 2024
Apa sebenarnya pentingnya menggunakan CCTV untuk perumahan? Kami akan membahas lebih dalam tentang alasan yang perlu diketahui dari mengapa perumahan perlu CCTV
Mengenal Apa Itu Teknologi Pengenalan Wajah dan Cara Kerjanya
May 20, 2024
Ada beragam teknologi keamanan, dari yang awalnya menggunakan CCTV, teknologi biometrik seperti sidik jari, bahkan sekarang terdapat teknologi pengenalan wajah.
Memahami Photoelectric Smoke Detector dan Cara Kerjanya
May 17, 2024
Artikel ini akan membahas hal-hal yang perlu Anda ketahui tentang photoelectric smoke detector. Jadi, baca artikel ini selengkapnya hingga selesai.
Cara Instalasi Fire Alarm Addressable Berdasarkan Standar NFPA
May 17, 2024
Instalasi fire alarm tidak hanya merupakan persyaratan hukum, tetapi juga penting dalam meminimalkan risiko kebakaran dan melindungi nyawa serta properti.
Tingkatkan Keamanan Bangunan dengan Sensor Fire Alarm Berkualitas
May 16, 2024
Dalam upaya mengantisipasi bahaya kebakaran, penggunaan sensor fire alarm menjadi langkah yang tak terelakkan. Simak mengenai sensor fire alarm di sini!
Honeywell Fire Alarm, Perlindungan Proaktif dari Kebakaran
May 16, 2024
Honeywell Fire Alarm adalah salah satu merek ternama yang menawarkan sistem alarm kebakaran canggih untuk berbagai jenis bangunan, seperti rumah dan kantor.