Mengenal Jenis Produk Smart Home dan Trend Terkini

Posted on Sep 29, 2023

Dengan bantuan teknologi otomasi dan AI, kini hadir produk smart home yang semakin mendekatkan pengguna untuk mencapai tujuan di atas secara optimal.


Kontrol, keamanan, kenyamanan dan efisiensi adalah daftar sejumlah alasan mengapa sistem rumah pintar terus berkembang. Dengan bantuan teknologi otomasi dan AI, kini hadir produk smart home yang semakin mendekatkan pengguna untuk mencapai tujuan di atas secara optimal.

Mengenal Jenis Produk Smart Home dan Trend Terkini

6 Jenis Produk Smart Home Paling Populer

Dari sekian banyak perangkat dan sistem terkait, produk smart home di bawah ini merupakan produk paling sering dijumpai saat ini.

1. Smart Home Security Systems

Smart Home Security Systems adalah produk smart home yang menjadi solusi untuk meningkatkan keamanan rumah dengan memanfaatkan teknologi cerdas dan konektivitas internet. Sistem ini terdiri dari berbagai komponen yang bekerja sama untuk memberikan perlindungan dan kontrol yang lebih baik untuk keamanan rumah. 

Komponen umum dalam Smart Home Security Systems meliputi:

  • Smart camera. Sebagaimana halnya cctv cerdas, digunakan untuk merekam aktivitas di dalam atau di luar rumah dengan kemampuan deteksi gerakan, identifikasi wajah serta notifikasi ke smartphone.
  • Sensor Pintar (Smart Sensors). Mencakup sensor pintar gerakan, sensor pintar pintu/jendela dan sensor kebakaran/asap. 
  • Sistem Alarm Pintar. Sistem ini dapat mengeluarkan peringatan dan notifikasi ke smartphone ketika ada ancaman keamanan seperti intrusi atau kebakaran.
  • Kunci Pintar (Door Lock). Mengunci atau membuka pintu secara elektronik, bahkan dari jarak jauh melalui aplikasi smartphone. Anda juga dapat memberikan akses sementara kepada tamu atau orang tertentu melalui kode.
  • Interkom Video Pintar (Smart Video Intercoms). Perangkat yang memungkinkan anda berkomunikasi dengan pengunjung melalui video dan suara sebelum memutuskan untuk membuka pintu. 
  • Remote Control. Anda dapat mengendalikan dan memantau secuity system dari jarak jauh melalui aplikasi di smartphone atau tablet.
  • Asisten Virtual. Banyak sistem keamanan pintar dapat diintegrasikan dengan asisten virtual seperti Amazon Alexa atau Google Assistant. Anda dapat menggunakan suara untuk mengendalikan beberapa aspek sistem keamanan.
  • Pemantauan Profesional. Beberapa penyedia layanan sistem smart security menawarkan opsi pemantauan profesional yang akan memberikan respon cepat jika sistem mendeteksi ancaman serius.

2. Smart Plug

Smart plug adalah produk smart home yang dirancang untuk mengubah perangkat listrik standar menjadi perangkat pintar yang dapat dihubungkan ke jaringan wifi. Menjadi salah satu komponen umum dalam ekosistem rumah pintar yang memungkinkan pengguna mengontrol perangkat-perangkat tersebut melalui smartphone atau perangkat cerdas lainnya. 

Teknologi ini merupakan salah satu cara paling mudah untuk membuat perangkat yang ada di rumah anda menjadi bagian dari sistem rumah pintar tanpa harus mengganti perangkat tersebut. Cocok digunakan untuk mengontrol power lampu, peralatan dapur, pemanas ruangan dan pengisi daya.

3. Video Door Phone

Video door phone merupakan produk smart home yang digunakan untuk berkomunikasi dengan pengunjung yang berada di pintu depan rumah melalui video dan suara. 

Fitur umum dari video door phone meliputi:

  • Kamera yang terpasang di dekat pintu depan agar pengguna dapat melihat gambar pengunjung secara langsung melalui layar monitor di dalam rumah.
  • Monitor untuk melihat gambar dari kamera yang terpasang di luar. 
  • Sebagian besar video door phone juga memiliki fitur intercom agar pengguna dapat berbicara langsung dengan pengunjung melalui suara dua arah tanpa harus membuka pintu.
  • Pengontrol akses yang memungkinkan anda untuk membuka pintu atau gerbang secara elektronik jika memutuskan untuk memberikan akses kepada pengunjung.
  • Beberapa model video door phone memiliki kemampuan merekam gambar dan video pengunjung.

4. Smart Locks

Smart locks adalah sistem kunci elektronik yang memberikan fitur dan konektivitas canggih dibandingkan kunci mekanis tradisional. Smart lock dapat dikendalikan dari jarak jauh menggunakan aplikasi smartphone. 

Fitur unggulan yang ditawarkan berupa:

  • Opsi masuk tanpa kunci dengan menggunakan teknologi seperti kode PIN, autentikasi biometrik (sidik jari), atau membuka secara otomatis ketika ponsel cerdas didekatkan.
  • Dapat memberikan akses sementara kepada anggota keluarga, teman, atau penyedia layanan dengan berbagi kunci virtual atau kode PIN. 
  • Smart lock menyimpan catatan tentang siapa yang masuk dan keluar dari rumah dan kapan. Anda dapat melihat catatan akses ini melalui aplikasi smartphone.
  • Dapat diintegrasikan dengan ekosistem smart home yang lebih luas termasuk asisten virtual seperti Amazon Alexa, Google Assistant dan Apple HomeKit.
  • Menggunakan teknologi geofencing untuk mendeteksi ketika anda mendekat atau menjauh dari rumah sehingga dapat mengunci atau membuka pintu secara otomatis sesuai dengan perubahan lokasi anda.

5. Smart Sensors

Sensor pintar merupakan perangkat sensor canggih untuk mengumpulkan dan mentransmisikan data serta merespons perubahan lingkungan secara lebih cerdas dan efisien. Sensor ini merupakan komponen penting dari berbagai aplikasi dalam Internet of Things (IoT) dan ekosistem teknologi pintar. 

6. Smart Thermostat

Thermostat pintar merupakan produk smart home berupa perangkat alat kendali pemanasan, ventilasi dan pendingin udara (HVAC) canggih menggunakan teknologi seperti konektivitas wireless wifi dan algoritma cerdas. Dalam smart home system, teknologi ini memberikan keunggulan berupa:

  • Kontrol jarak jauh terhadap perangkat terkait menggunakan aplikasi smartphone.
  • Memiliki kemampuan pembelajaran, termasuk menganalisis perilaku dan preferensi pengguna untuk membuat jadwal pemanasan dan pendinginan.
  • Fitur penjadwalan yang membantu mengurangi konsumsi energi dengan menyesuaikan suhu secara otomatis berdasarkan pola kehadiran.
  • Pemantauan penggunaan energi.
  • Kompatibel dengan berbagai sistem HVAC, khususnya sistem pemanasan dan pendinginan, heat pump dan pemanas konveksi listrik.
  • Kontrol multi-zona yang memungkinkan pengguna mengatur suhu berbeda untuk masing-masing ruangan.

 

Teknologi Kontrol Perangkat Smart Home

Teknologi Kontrol Perangkat Smart Home

Untuk mengontrol dan mengatur fitur smarthome, pengguna menggunakan beberapa pilihan alat atau perangkat berikut:

  • Smartphone. Aplikasi seluler adalah cara paling umum untuk mengendalikan perangkat pintar dalam rumah. Pengguna dapat mengunduh aplikasi khusus untuk mengendalikan berbagai perangkat pintar. Alternatifnya adalah Tablet jika anda ingin layar yang lebih besar.
  • Smart Speaker. Speaker pintar seperti Amazon Echo, Google Home dan Apple HomePod dilengkapi dengan asisten suara yang memungkinkan pengguna memberikan perintah suara untuk mengendalikan perangkat pintar dalam rumah.
  • Remote Control. Beberapa perangkat pintar dilengkapi dengan remote control khusus yang memungkinkan pengguna mengendalikannya secara langsung. 
  • Komputer. Beberapa perangkat pintar dapat dikontrol melalui komputer atau laptop menggunakan portal web dan aplikasi desktop yang disediakan oleh produsen.
  • Voice Assistants. Selain smart speaker, pengguna dapat menggunakan asisten suara seperti Siri, Google Assistant dan Alexa pada perangkat pintar untuk memberikan perintah suara dan mengendalikan perangkat rumah pintar.
  • Wall Panels. Dalam beberapa kasus, sistem rumah pintar dilengkapi dengan panel dinding yang terintegrasi dengan perangkat pintar.
  • Sensor Otomatisasi. Misalnya, lampu pintar dapat diatur untuk menyala secara otomatis saat sensor gerakan mendeteksi aktivitas manusia.
  • Jam Tangan Pintar. Digunakan untuk mengendalikan beberapa perangkat pintar melalui aplikasi khusus yang terinstal di perangkat tersebut.

 

Tren Sistem Rumah Pintar 2023

Tren teknologi rumah pintar saat ini sedang membentuk masa depan cara seseorang berinteraksi dengan rumah atau tempat tinggalnya. Tren yang ada saat ini meliputi:

  • Internet of Things (IoT) adalah tulang punggung sistem smart home, yang memungkinkan perangkat untuk terhubung dan berkomunikasi. Kecerdasan Buatan (AI) dan Pembelajaran Mesin (ML) meningkatkan fungsionalitas perangkat ini dengan menganalisis data, membuat prediksi cerdas dan meningkatkan pengalaman pengguna.
  • Teknologi tanpa sentuhan menjadi sangat penting sejak masa pandemi COVID-19. Pintu bel rumah pintar, perangkat yang diaktifkan suara, dan kontrol tanpa sentuhan mengurangi kebutuhan untuk kontak fisik dengan permukaan, membuat rumah lebih aman dan lebih higienis.
  • Pasar peralatan kebugaran rumah sedang tumbuh pesat. Pelatih pintar dan perangkat wearable menawarkan pengalaman latihan yang dipersonalisasi, memantau berbagai metrik kesehatan untuk membantu pengguna mencapai tujuan kebugaran mereka.
  • Koneksi 5G berkecepatan tinggi semakin menjadi pilihan utama untuk menghubungkan perangkat pintar. Koneksi ini meningkatkan responsivitas dan efisiensi yang mendukung ekosistem rumah pintar.

 

Distributor Smart Home System Indonesia

MBS telah menjadi rujukan untuk mendapatkan beragam produk dan solusi sistem rumah pintar. Perusahaan ini menyediakan perangkat teknologi terkini yang relevan dengan harga terjangkau. Konsultasi kebutuhan anda dan dapatkan rekomendasi produk smart home terbaik.

 

Read Next

Commercial Truck Tracking System Solusi Keamanan dan Efisiensi Bisnis
Jun 15, 2024
Commercial Truck tracking system menggunakan GPS untuk memantau lokasi dan perilaku kendaraan secara real-time. Simak artikel ini untuk mengetahui lebih lanjut!
Sistem Fire Alarm Konvensional Solusi Efisien untuk Keamanan Bangunan
Jun 15, 2024
Sistem fire alarm konvensional adalah sistem peringatan dini kebakaran untuk bangunan kecil hingga menengah. Simak artikel ini untuk mengetahui lebih lanjut!
Supplier CCTV Honeywell Indonesia Terpercaya
Jun 12, 2024
Di Indonesia, Honeywell telah dikenal sebagai salah satu merek CCTV teratas. Simak jika anda mencari supplier CCTV Honeywell resmi dan terpercaya.
Sistem dan Teknologi Automatic Border Control
Jun 11, 2024
Automatic Border Control (ABC) adalah sistem otomatis yang digunakan pada pintu masuk perbatasan seperti bandara atau pelabuhan. Yuk, ketahui lebih lanjut!
Tips Memilih Kamera CCTV Kantor yang Terbaik
Jun 01, 2024
Memilih CCTV untuk kantor juga tidak dapat dilakukan secara sembarangan. Ada beberapa pertimbangan yang perlu dipikirkan saat memilih produk CCTV kantor.
Pentingnya Memasang CCTV Rumah Ibadah untuk Menjaga Keamanan
May 31, 2024
Sebagai penyedia CCTV yang terpercaya di Indonesia, MBS CCTV akan membahas pentingnya kamera CCTV rumah ibadah yang perlu Anda ketahui. Simak selengkapnya!