Sistem Fire Alarm dan Seberapa Penting Penggunaannya Untuk Gedung Bisnis Anda

Posted on Nov 08, 2022

Kebakaran termasuk dalam kategori bencana. Salah satu alat yang bisa digunakan untuk mencegah kebakaran serius adalah fire alarm.


Bahkan api kecil dapat tumbuh dan menjadi berbahaya jika dibiarkan tanpa pengawasan. Kebakaran termasuk dalam kategori bencana. Tak perlu dikatakan bahwa api dapat meningkat di bawah pengaruh benda-benda di sekitarnya. Untuk itu, pemadaman harus dilakukan secepat mungkin. Salah satu alat yang bisa digunakan untuk mencegah kebakaran serius adalah fire alarm.

Distributor Fire Alarm System Honeywell Indonesia

Fungsi dan Manfaat Fire Alarm Secara Umum

Fire Alarm berfungsi untuk memberikan peringatan yang jelas dan prediktabilitas dengan fungsi alarm kebakaran yang memberi tahu Anda tentang bahaya, kerusakan, atau kejadian tak terduga di jaringan Anda melalui sinyal. Instalasi dan Peralatan Detektor kebakaran berfungsi sebagai alat pendeteksi dini bahaya kebakaran, sehingga bahaya kebakaran yang terjadi dapat dengan cepat diatasi, biasanya menghindari risiko yang serius dan fatal. Fire alarm biasanya ditemukan di gedung-gedung besar seperti hotel, bioskop, blok perkantoran, dan pabrik.

Fire Alarm

Manfaat dari fire alarm adalah untuk mengurangi resiko akibat atau kerugian dari kecelakaan/kebakaran yang terjadi. Pada saat terjadi kebakaran, sensor detektor akan mendeteksi kecelakaan dan kebakaran, dan pada saat yang sama detektor akan memberitahukan terjadinya suatu kelainan dengan suara. Hal ini membuat operasi penyelamatan lebih berhati-hati dan mengurangi korban dari kecelakaan dan kebakaran.

Fungsi Keamanan Dari Fire Alarm

1. Memicu Exhaust Fan

Exhaust fan merupakan alat yang memiliki fungsi untuk mendistribusikan udara bersih agar penghuni suatu ruangan terhindar dari udara yang tercemar. Oleh karena itu, salah satu fungsi fire alarm system adalah untuk menggerakkan exhaust fan saat kebakaran untuk mengeluarkan bau gas atau asap di dalam ruangan.

2. Mendeteksi Pipa Hydrant

Sistem fire alarm juga berfungsi untuk mendeteksi pipa hydrant. Pipa hydrant biasanya ditempatkan di lokasi tertentu untuk dapat menangani kebakaran yang cukup besar. Oleh karena itu, bangunan besar seperti pusat perbelanjaan dan perkantoran harus mengintegrasikan sistem pipa hydrant dan sistem alarm kebakaran untuk memfasilitasi penyiraman.

3. Memutuskan Daya Listrik

Salah satu fungsi dari Alarm Kebakaran adalah memutuskan aliran listrik atau mematikan daya. Selain menghindari korsleting, pemadaman listrik ini juga membantu mengurangi kebisingan. Tujuannya agar hanya suara sirene yang terdengar sehingga penghuni gedung dapat fokus untuk melakukan evakuasi.

4. Memicu Sirene

Fungsi fire alarm system yang terakhir adalah untuk membunyikan sirine apabila terjadi potensi kebakaran berupa asap, percikan api, atau gas.

Sistem Kerja Fire Alarm

Input:

  • Detektor (detektor asap, detektor panas, detektor api, detektor gas)
  • Manual Call Point (break glass, pull station, push station)
Fire Alarm Indonesia

Proses:

Panel Fire Alarm Systems (FACP) merupakan alat pusat pengendali pada fire alarm systems. Dapat dikatakan bahwa panel menjadi main control fire alarm. Control Panel menerima informasi dari detector dan/atau Manual Call Point untuk diproses sesuai program yang diatur dan selanjutnya mengaktifkan alarm (bell) atau melakukan kontrol terhadap alat-alat lain yang diintegrasikan kepada panel tersebut.

Output:

  • Alarm bell/Horn
  • Lampu indikator/Strobe lamp

Tipe Fire Alarm Berdasarkan Cara Kerja Sistemnya

Berdasarkan jenisnya, berikut ini cara kerja fire alarm system yang perlu Anda ketahui:

Distributor Fire Alarm

1. Konvensional/Non-Addressable

Setiap perangkat input yang terhubung ke panel kontrol dikelompokkan berdasarkan zona/grup. Cara kerjanya adalah dengan menghubungkan detektor ke papan kontrol utama dengan kabel dua bagian. Sistem ini bekerja secara paralel. Dengan kata lain, detektor yang dipasang memiliki titik awal dan titik akhir. Unit sistem dari titik awal ke titik akhir disebut zona. Setiap zona biasanya terdiri dari beberapa detektor. Saat detektor mendeteksi tanda kebakaran, sistem akan mengirimkan tanda berupa lampu pada lokasi kebakaran dan membunyikan alarm untuk memperingatkan Anda.

2. Semi Addressable

Keuntungan dari sistem ini adalah lebih banyak detektor yang dapat dicakup dibandingkan dengan menggunakan sistem konvensional yang memiliki keterbatasan pada masing-masing zonanya. Alat ini cocok digunakan di area dengan ruang yang luas dan kompleks. Contoh bangunan yang menggunakan alarm semi ini adalah apartemen.

3. Full Addressable

Pada tipe full addressable, apabila terdapat sinyal dari smoke detector, heat detector, dan flame detectors, maka sistem fire alarm akan mengirimkan sinyal kepada Main Control Fire Alarm untuk mendeteksi kejadian tersebut sebagai titik lokasi sumber kebakaran dan api. Panel master control fire alarm system tersebut kemudian mengirimkan sinyal output kepada alarm bell, indicator lamp, rotary lamp, dan komponen peringatan lainnya untuk memberikan peringatan dini kepada semua penghuni gedung. Kelebihan dari sistem ini adalah kemudahan dalam mencari lokasi kebakaran secara akurat, sehingga dapat segera mengetahui jalur evakuasi yang tepat serta memperpanjang waktu evakuasi.

Fire Alarm System

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa ketersediaan sistem fire alarm di lingkungan kerja merupakan hal yang sangat penting demi menjaga keamanan bangunan Anda dari kebakaran.

Tentunya masih banyak sekali teknologi security system yang harus Anda miliki untuk memenuhi keamanan bisnis Anda dari hal-hal negatif yang tidak diinginkan. Dan masih banyak pula produk kami yang harus Anda ketahui. Jadi mari bergabung bersama kami untuk mewujudkan sistem keamanan terbaik bagi perusahaan Anda.

Bersama MBS CCTV, kami akan membantu memenuhi kebutuhan teknologi sistem keamanan anda secara profesional karena kami merupakan perusahaan yang bergerak di bidang teknologi sistem keamanan serta merupakan distributor resmi produk kamera CCTV, access control dan lain sebagainya dari brand-brand ternama dan terpercaya seperti Honeywell Indonesia, Hikvision Indonesia, SPC Indonesia, ZKTeco Indonesia dan brand-brand lainnya.

Dengan berbagai pengalaman dan proyek besar yang kami kerjakan, MBS CCTV layak Anda jadikan sebagai solusi terbaik untuk sistem keamanan perusahaan Anda.

Hubungi kami!
(031) 591-4700 / (031) 593-9337
marketing@mbscctv.com
https://www.mbscctv.com/

Kunjungi kami!
Jalan Dharmahusada Utara No.22 Surabaya 60285, Indonesia

Read Next

Commercial Truck Tracking System Solusi Keamanan dan Efisiensi Bisnis
Jun 15, 2024
Commercial Truck tracking system menggunakan GPS untuk memantau lokasi dan perilaku kendaraan secara real-time. Simak artikel ini untuk mengetahui lebih lanjut!
Sistem Fire Alarm Konvensional Solusi Efisien untuk Keamanan Bangunan
Jun 15, 2024
Sistem fire alarm konvensional adalah sistem peringatan dini kebakaran untuk bangunan kecil hingga menengah. Simak artikel ini untuk mengetahui lebih lanjut!
Supplier CCTV Honeywell Indonesia Terpercaya
Jun 12, 2024
Di Indonesia, Honeywell telah dikenal sebagai salah satu merek CCTV teratas. Simak jika anda mencari supplier CCTV Honeywell resmi dan terpercaya.
Sistem dan Teknologi Automatic Border Control
Jun 11, 2024
Automatic Border Control (ABC) adalah sistem otomatis yang digunakan pada pintu masuk perbatasan seperti bandara atau pelabuhan. Yuk, ketahui lebih lanjut!
Tips Memilih Kamera CCTV Kantor yang Terbaik
Jun 01, 2024
Memilih CCTV untuk kantor juga tidak dapat dilakukan secara sembarangan. Ada beberapa pertimbangan yang perlu dipikirkan saat memilih produk CCTV kantor.
Pentingnya Memasang CCTV Rumah Ibadah untuk Menjaga Keamanan
May 31, 2024
Sebagai penyedia CCTV yang terpercaya di Indonesia, MBS CCTV akan membahas pentingnya kamera CCTV rumah ibadah yang perlu Anda ketahui. Simak selengkapnya!