Warehousing Adalah: Jenis Fungsi dan Manfaat Bagi Bisnis

Posted on May 15, 2024

Pengelolaan barang dalam rantai pasokan merupakan aspek krusial, dan di tengah kompleksitas tersebut, konsep "warehousing adalah" menjadi sorotan utama.


Pengelolaan barang dalam rantai pasokan merupakan aspek krusial dalam bisnis modern, dan di tengah kompleksitas tersebut, konsep "warehousing adalah" menjadi sorotan utama.

Warehousing bukan sekadar tempat penyimpanan, melainkan fondasi strategis yang memastikan efisiensi, ketersediaan, dan kualitas barang dalam proses distribusi.

Warehousing Adalah: Jenis Fungsi dan Manfaat Bagi Bisnis

KEY TAKEAWAY

  • Pengertian Warehousing: Warehousing bukan sekadar tempat penyimpanan, melainkan fondasi strategis yang memastikan efisiensi, ketersediaan, dan kualitas barang dalam proses distribusi.
  • Perbedaan Warehouse dan Gudang: Meskipun sering digunakan secara bergantian, terdapat perbedaan antara warehouse dan gudang dalam tingkat pengorganisasian, fungsionalitas, dan efisiensi manajemen barang yang disimpan.
  • Manfaat Kegiatan Warehousing untuk Bisnis: Kegiatan warehousing memiliki beragam manfaat bagi bisnis, termasuk mempercepat proses distribusi barang, mengurangi biaya distribusi, menjaga kualitas barang, mengelola stok dengan baik, serta menyediakan data yang akurat tentang stok barang.

 

Pengertian Warehousing

Menurut Lembaga Manajemen Pergudangan (2008), gudang adalah suatu tempat penyimpanan yang berfungsi untuk menyimpan persediaan sebelum diproses lebih lanjut. Sedankan menurut Meyers and Stephens (2002), warehouse adalah tempat penyimpanan barang, baik berupa bahan baku maupun barang jadi yang siap dikirimkan.

Sedangkan warehousing adalah proses penanganan barang mulai dari penerimaan, pencatatan, penyimpanan, pemilihan, penyortiran, pemberian label hinggga proses pengiriman barang.

Dilansir dari repository STEI, warehousing adalah kegiatan menyimpan barang untuk nantinya didistribusikan atau dijual.

Warehousing merupakan bagian penting dari supply chain dan memastikan produk dapat mencapai tangan pelanggan dengan cepat, efektif dan efisien. 

 

Perbedaan Warehouse dan Gudang

Secara umum, "gudang" adalah istilah yang lebih umum dan mencakup segala jenis tempat yang berfungsi untuk menyimpan barang, sedangkan "warehouse" lebih spesifik dan merujuk pada tempat penyimpanan yang terorganisir dengan baik dan sering kali dilengkapi dengan sistem manajemen stok yang canggih.

Gudang dapat berupa bangunan sederhana atau area penyimpanan yang tidak terlalu teratur, sementara warehouse biasanya dirancang dengan sistematis, memiliki fasilitas pengelolaan stok yang lebih lengkap, dan terintegrasi dengan teknologi untuk memantau persediaan secara real-time.

Dengan demikian, menurut Kami perbedaan antara keduanya terletak pada tingkat pengorganisasian, fungsionalitas, dan efisiensi dalam manajemen barang yang disimpan.

 

Fungsi Warehouse

Dirangkum dari salah satu penyedia jasa warehousing terkemuka di dunia, warehousingandfulfillment.com dan situs detik finance, berikut beberapa fungsi utama warehousing:

1. Penyimpanan Barang

Penyimpanan barang yang terorganisir di gudang merupakan hal penting bagi perusahaan. Gudang bukan hanya tempat penyimpanan, tetapi juga garda terdepan dalam menjaga aset perusahaan.

Dengan gudang yang memadai, perusahaan dapat menjaga ketersediaan barang, menghindari kekurangan stok, dan melindungi barang dari kerusakan atau pencurian.

2. Pengelolaan Stok Barang

Pengelolaan stok barang di gudang sangat penting untuk menjaga kesesuaian jumlah barang dengan kebutuhan bisnis. Hal ini melibatkan pemantauan stok dan perencanaan pembelian/penyimpanan barang yang matang.

Pengelolaan stok yang efektif dapat membantu perusahaan menghindari kelebihan/kekurangan stok, mengoptimalkan sumber daya, dan meningkatkan keuntungan.

3. Kontrol Keluar Masuk Barang

Kontrol keluar masuk barang di gudang sangat penting untuk menjaga keteraturan dan keamanan operasional. Hal ini melibatkan pencatatan dan pengawasan terhadap barang yang masuk dan keluar gudang.

Tujuannya adalah untuk menghindari kehilangan/pencurian, meminimalkan kesalahan pengiriman, dan memantau aktivitas gudang secara efisien. Kontrol yang baik memungkinkan perusahaan untuk melakukan perbaikan yang diperlukan dengan cepat dan tepat.

4. Pemeliharaan Barang

Pemeliharaan barang di gudang sangat penting untuk menjaga kualitas produk. Gudang harus dilengkapi dengan fasilitas dan sistem yang mendukung untuk memastikan kondisi barang tetap prima selama disimpan.

Hal ini meliputi pengaturan suhu dan kelembaban yang sesuai, penggunaan rak penyimpanan yang aman, serta penerapan praktik penyimpanan yang tepat. Pemeliharaan yang baik dapat membantu perusahaan menghindari kerugian akibat kerusakan atau kehilangan kualitas barang, dan memenuhi standar kualitas yang ditetapkan.

5. Pengembangan Strategi Penyimpanan Barang

Pengembangan strategi penyimpanan barang penting untuk mengoptimalkan kinerja gudang. Perusahaan perlu terus mengevaluasi metode penyimpanan, menerapkan teknologi yang mendukung, dan menyesuaikan dengan perubahan permintaan pasar.

Strategi penyimpanan yang tepat dapat meningkatkan efisiensi operasional gudang, mengurangi biaya penyimpanan, meningkatkan kepuasan pelanggan, dan membantu perusahaan tetap bersaing dalam pasar yang kompetitif.

 

Manfaat Kegiatan Warehousing untuk Bisnis

Manfaat Kegiatan Warehousing untuk Bisnis

Kegiatan warehousing memiliki beragam manfaat yang dapat dirasakan oleh bisnis, terutama dalam hal distribusi barang dan manajemen stok.

1. Mempercepat Proses Distribusi Barang ke Pelanggan

Gudang yang terorganisir memungkinkan proses pengemasan dan pengiriman barang lebih cepat dan efisien. Sistem penyimpanan yang baik memudahkan staf dalam menemukan dan mengambil barang yang dibutuhkan.

Penggunaan teknologi seperti barcode dan RFID dapat memperlancar proses identifikasi dan pelacakan barang.

2. Mengurangi Biaya Distribusi Barang ke Pelanggan

Manajemen stok yang efektif membantu meminimalkan persediaan bahan baku dan barang yang berlebihan, sehingga mengurangi biaya penyimpanan. Pengiriman barang yang terencana dengan baik dapat mengoptimalkan rute pengiriman dan meminimalkan biaya transportasi.

Penggunaan teknologi seperti software manajemen gudang dapat membantu mengotomatiskan proses distribusi dan mengurangi kesalahan.

3. Menjaga Kualitas Barang yang Disimpan di Gudang

Gudang yang bersih, kering, dan terawat dengan baik membantu menjaga kualitas barang agar tidak mudah rusak atau terkontaminasi. Penerapan sistem kontrol suhu dan kelembaban yang tepat dapat menjaga kondisi barang yang sensitif seperti makanan dan obat-obatan.

Penyimpanan barang yang tertata rapi dan terhindar dari hama dapat meminimalkan kerusakan fisik.

4. Mengelola Stok Barang yang Ada di Gudang

Sistem inventaris yang terstruktur memungkinkan perusahaan untuk memantau pergerakan barang masuk dan keluar gudang secara akurat. Penetapan titik pemesanan ulang (reorder point) yang tepat membantu memastikan ketersediaan stok barang yang optimal.

Analisis data stok barang dapat membantu perusahaan dalam mengidentifikasi tren permintaan dan membuat keputusan pembelian yang lebih tepat.

5. Menyediakan Data yang Akurat tentang Stok Barang yang Ada di Gudang

Sistem manajemen gudang yang terintegrasi dapat memberikan informasi real-time tentang jumlah stok barang yang tersedia. Data stok barang yang akurat membantu perusahaan dalam membuat perencanaan untuk proses produksi dan distribusi yang lebih efektif. 

Informasi stok barang yang transparan dapat meningkatkan kepercayaan pelanggan dan mitra bisnis.

 

Jenis-jenis Warehousing

Dirangkum dari situs shipcalm.com, terdapat beberapa jenis warehouse yang umum digunakan dalam berbagai jenis bisnis:

1. Warehouse Perusahaan

Solusi penyimpanan internal yang dimiliki dan dioperasikan langsung oleh perusahaan. Dengan kendali penuh atas operasi gudang, perusahaan memiliki fleksibilitas dan kontrol yang lebih besar terhadap proses penyimpanan dan distribusi barangnya sendiri. Menimbang kendali penuh terhadap produk, kebanyakan bisnis mengambil opsi ini.

2. Public Warehouse

Opsi eksternal di mana perusahaan dapat menyewa ruang penyimpanan sesuai kebutuhan mereka. Ini memberi fleksibilitas tambahan dan memungkinkan perusahaan untuk menghindari investasi modal besar dalam infrastruktur gudang sendiri.

3. Contract Warehouse

Adalah gudang yang disewa untuk jangka waktu tertentu berdasarkan kontrak antara perusahaan dan penyedia jasa gudang. Ini memberikan perusahaan kepastian kapasitas penyimpanan dan biaya dalam jangka waktu yang telah ditetapkan.

4. Cross-Docking Warehouse

Fasilitas logistik yang digunakan untuk memfasilitasi proses cross-docking, di mana barang tiba dari pemasok dan langsung diteruskan ke pelanggan tanpa disimpan di gudang untuk waktu yang lama. Hal ini mempercepat aliran barang dan mengurangi kebutuhan akan ruang penyimpanan yang besar.

5. E-commerce Warehouse

Gudang khusus yang dirancang untuk menyimpan barang-barang yang akan dijual secara online. Ini termasuk penyimpanan, pengemasan, dan pengiriman barang kepada pelanggan secara efisien sesuai dengan permintaan online yang terus berubah.

 

Prinsip-prinsip Warehouse

Dilansir dari situs forbes.com, dalam mengelola gudang terdapat beberapa prinsip yang harus diperhatikan agar kegiatan warehousing dapat berjalan dengan efektif, antara lain:

1. Efisiensi

Efisiensi dalam pengelolaan gudang menjadi kunci utama. Tata letak yang ergonomis, sistem penyimpanan yang tepat, dan pemanfaatan teknologi modern seperti barcode, RFID, dan software manajemen gudang dapat mengoptimalkan ruang dan waktu, serta meminimalkan biaya operasional.

2. Keamanan

Keamanan barang di gudang harus dijaga dengan menerapkan sistem keamanan yang memadai, seperti CCTV, alarm, dan kontrol akses. Pembatasan akses, pemeriksaan barang berkala, dan menjaga kebersihan gudang juga penting untuk mencegah pencurian, kerusakan, dan kehilangan barang.

3. Kualitas

Menjaga kualitas barang selama penyimpanan di gudang dilakukan dengan menyediakan lingkungan penyimpanan yang sesuai dengan jenis barang, seperti pengaturan suhu, kelembaban, dan ventilasi yang tepat. Rotasi stok barang secara berkala dan pemantauan kondisi barang secara berkala juga penting untuk mencegah kerusakan dan penurunan kualitas.

4. Integritas Data

Integritas data stok barang sangat penting. Pastikan data akurat, selalu diperbarui, diaudit secara berkala, dan terintegrasi dengan sistem lain di perusahaan untuk mendapatkan informasi yang terpusat dan mudah diakses.

5. Fleksibilitas

Fleksibilitas gudang memungkinkan penyesuaian dengan perubahan bisnis. Tata letak, sistem penyimpanan, dan kapasitas gudang dapat diubah sesuai kebutuhan. Adopsi teknologi baru dan peningkatan kapasitas gudang jika diperlukan juga penting untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas operasional.

 

Solusi Keamanan dan Inventaris AI Based Menggunakan CCTV

Solusi Keamanan dan Inventaris AI Based Menggunakan CCTV

Warehouse adalah bagian vital dalam rantai pasokan sebuah perusahaan, di mana penyimpanan dan pengelolaan barang-barang menjadi kunci untuk menjaga kelancaran operasi bisnis.

Pentingnya keamanan dalam lingkungan warehousing tidak dapat diabaikan, mengingat risiko pencurian, kerusakan barang, atau bahkan kecelakaan kerja.

CCTV sebagai sistem keamanan: Salah satu solusi yang efektif untuk meningkatkan keamanan dalam sistem warehousing adalah dengan menggunakan Closed-Circuit Television (CCTV).

Kami menyarankan setiap warehouse untuk memasang sistem CCTV di berbagai titik strategis dalam gudang, perusahaan dapat memantau aktivitas secara real-time dan meminimalisir risiko keamanan.

Baca juga: Kunci Sukses Properti Modern: Sistem Keamanan Gedung Terpercaya

CCTV sebagai bagian Quality Control: Namun, tidak hanya sekadar pemantauan visual, teknologi CCTV telah berkembang pesat, di mana integrasi dengan teknologi pengenalan wajah dan sistem kecerdasan buatan (AI) menjadi terobosan baru.

Hal ini memungkinkan sistem CCTV tidak hanya berfungsi sebagai alat pengawas, tetapi juga sebagai bagian integral dari Quality Control (QC) di dalam gudang.

Di sinilah MBS CCTV hadir sebagai mitra konsultasi yang dapat membantu perusahaan mengimplementasikan solusi CCTV yang tepat sesuai kebutuhan. Kami telah melayani puluhan instalasi CCTV di berbagai gedung, mulai dari rumah sakit, sekolah hingga tempat peribadatan. Dengan review 4/5 di Google Maps menjadi bukti kepuasan pelanggan kami.

Untuk informasi lebih lanjut, jangan ragu untuk menghubungi kami melalui kontak website maupun media sosial.

Baca juga: Mengenal CCTV Camera Wireless, Kelebihan dan Kekurangannya

Read Next

Alasan Mengapa Perumahan Perlu Kamera CCTV Perumahan
May 20, 2024
Apa sebenarnya pentingnya menggunakan CCTV untuk perumahan? Kami akan membahas lebih dalam tentang alasan yang perlu diketahui dari mengapa perumahan perlu CCTV
Mengenal Apa Itu Teknologi Pengenalan Wajah dan Cara Kerjanya
May 20, 2024
Ada beragam teknologi keamanan, dari yang awalnya menggunakan CCTV, teknologi biometrik seperti sidik jari, bahkan sekarang terdapat teknologi pengenalan wajah.
Memahami Photoelectric Smoke Detector dan Cara Kerjanya
May 17, 2024
Artikel ini akan membahas hal-hal yang perlu Anda ketahui tentang photoelectric smoke detector. Jadi, baca artikel ini selengkapnya hingga selesai.
Cara Instalasi Fire Alarm Addressable Berdasarkan Standar NFPA
May 17, 2024
Instalasi fire alarm tidak hanya merupakan persyaratan hukum, tetapi juga penting dalam meminimalkan risiko kebakaran dan melindungi nyawa serta properti.
Tingkatkan Keamanan Bangunan dengan Sensor Fire Alarm Berkualitas
May 16, 2024
Dalam upaya mengantisipasi bahaya kebakaran, penggunaan sensor fire alarm menjadi langkah yang tak terelakkan. Simak mengenai sensor fire alarm di sini!
Honeywell Fire Alarm, Perlindungan Proaktif dari Kebakaran
May 16, 2024
Honeywell Fire Alarm adalah salah satu merek ternama yang menawarkan sistem alarm kebakaran canggih untuk berbagai jenis bangunan, seperti rumah dan kantor.