Tips Memilih Kamera CCTV Kantor yang Terbaik

Posted on Jun 01, 2024

Memilih CCTV untuk kantor juga tidak dapat dilakukan secara sembarangan. Ada beberapa pertimbangan yang perlu dipikirkan saat memilih produk CCTV kantor.


Saat ini, keberadaan CCTV dibutuhkan oleh semua pihak atau pengguna. Tidak hanya untuk keamanan rumah atau toko, CCTV juga marak digunakan untuk kebutuhan kantor baik dari indoor ataupun outdoor.

Tips Memilih Kamera CCTV Kantor yang Terbaik

Key Takeaways

  • Ada dua jenis kamera CCTV, yaitu CCTV analog dan IP Camera CCTV
  • Saat memilih CCTV kantor, hal yang perlu diperhatikan, seperti tempat pemasangan, jenis dan kualitas kamera, hingga perawatannya.

Hal ini berguna untuk meningkatkan keamanan kantor meskipun gedung kantor sudah memiliki satpam. Tidak hanya itu, CCTV juga dapat membantu mencegah terjadinya pencurian atau tindak kejahatan lain yang dapat terjadi di kantor. Seperti yang kita ketahui, kantor memiliki beragam barang berharga dengan jumlah yang banyak dan memiliki risiko menjadi sasaran kejahatan.

Meskipun begitu, memilih CCTV untuk kantor juga tidak dapat dilakukan secara sembarangan. Ada beberapa pertimbangan yang perlu dipikirkan saat memilih produk CCTV untuk kantor.

Oleh karena itu, kami sebagai salah satu perusahaan yang terpercaya dalam hal penyediaan CCTV, akan membahas tips yang perlu diperhatikan saat menentukan paket CCTV terbaik untuk kantor sesuai kebutuhan fitur dan harganya. 

 

Jenis-Jenis Kamera CCTV

Umumnya, kita mengenal CCTV analog yang menggunakan sinyal analog untuk mentransmisikan rekaman video dalam CCTV ke dalam receiver. Namun, saat ini juga sudah ada teknologi CCTV terbaru atau IP Camera CCTV yang dianggap lebih modern.

Berikut adalah penjelasan dari jenis-jenis kamera CCTV untuk kebutuhan kantor:

1. CCTV Online atau IP Camera CCTV

CCTV online atau yang dikenal sebagai IP Camera merupakan jenis kamera CCTV yang terhubung langsung dengan jaringan LAN dengan sistem IP Address di setiap kameranya.

Dengan sistem ini, kamera CCTV dapat diletakkan dimanapun dengan jangkauan jarak yang bebas tanpa terhalang oleh keberadaan kabel. Oleh karena itu, data yang direkam oleh kamera CCTV ini juga dapat ditransmisikan secara wireless dan tidak membutuhkan DVR. 

Menurut Verkada, resolusi yang dihasilkan oleh IP Camera cukup tinggi hingga 4K. Namun, perlu adanya penyesuaian bandwidth dan resolusi sesuai dengan kebutuhan dan dana yang dimiliki.

Namun, pemasangan IP Camera sebagai CCTV kantor memakan biaya yang tidak murah. Ditambah, perlu adanya jaringan internet yang optimal serta perangkat dengan kapasitas yang besar untuk mengoptimalkan kerja cari IP Camera.

2. CCTV Analog

Selanjutnya adalah jenis CCTV Analog. CCTV ini merupakan CCTV konvensional yang mengirim rekaman melalui kabel ke DVR atau Digital Video Recorder. Nantinya, sinyal analog yang diterima DVR akan diubah ke dalam bentuk digital.

Untuk melihat hasil rekaman dari CCTV tersebut, CCTV analog membutuhkan monitor yang terhubung dengan DVR, bahkan dapat dihubungkan juga dengan jaringan internet untuk dapat ditampilkan melalui internet.

Biaya pemasangan CCTV analog juga tergolong murah dan mudah dipasang. Namun, resolusi yang dihasilkan kurang optimal. Selain itu, perlu juga kabel yang lebih banyak jika memasang CCTV dalam jumlah yang banyak.

Baca juga: Mengenal CCTV Camera Wireless, Kelebihan dan Kekurangannya

 

Tips Memilih CCTV Kantor

Tips Memilih CCTV Kantor

Setelah mengetahui apa saja jenis kamera CCTV yang ada, berikutnya ada beberapa hal yang perlu dipahami juga tentang bagaimana memilih CCTV kantor yang tepat.

Berikut adalah beberapa tips yang bisa dijadikan pertimbangan dalam memilih kamera CCTV.

1. Tempat Pemasangan CCTV

Sebelum memilih kamera CCTV, sebaiknya tentukan terlebih dahulu tempat-tempat atau titik pemasangan dari kamera CCTV. Hal ini perlu dipertimbangkan agar paham seberapa banyak jumlah kamera CCTV yang akan digunakan dan apa jenis CCTV yang dipilih.

Saat memilih tempat pemasangan CCTV, perlu dipertimbangkan juga apa fitur yang akan dibutuhkan dalam titik pemasangan tersebut. Apakah perlu kamera 360 derajat atau perlu kamera dengan night vision yang digunakan di malam hari. 

Dilansir dari jurnal LEMHANAS Republik Indonesia, kamera CCTV yang memiliki fitur lengkap, seperti face recognition, kamera 360 derajat, atau night vision, dapat menjadi sistem keamanan yang akurat.

2. Jenis dan Kualitas CCTV Kantor

Selanjutnya, Anda juga perlu memahami jenis dan kualitas kamera CCTV yang dibutuhkan. Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, kamera CCTV dengan fitur yang lengkap dapat meningkatkan sistem keamanan yang akurat pada kantor.

Tidak hanya itu, Anda juga perlu memahami apa jenis CCTV yang nantinya digunakan di kantor. Jika Anda perlu menggunakan CCTV dalam jumlah yang besar dengan jangkauan yang lebih banyak, maka IP Camera menjadi pilihan yang tepat.

Namun jika Anda ingin menghemat biaya dengan harga yang murah tetapi kebutuhan CCTV lebih banyak, bisa jadi Anda dapat mempertimbangkan untuk memilih CCTV analog.

Namun, baik CCTV analog maupun CCTV IP Camera memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Menurut kami, IP Camera unggul dalam hal fitur, fleksibilitas, dan kualitas kamera meskipun memiliki harga yang lebih mahal.

3. Perawatan dan Garansi CCTV

Tidak hanya kualitas dan jenis dari kamera CCTV, Anda juga perlu memikirkan tentang perawatan dan garansi dari CCTV tersebut. Umumnya, untuk perawatan dan garansi dikeluarkan dari pihak penyedia CCTV dan produsen dari CCTV itu sendiri.

CCTV merupakan alat yang digunakan secara jangka panjang, maka dari itu Anda perlu memahami perawatan CCTV yang benar. Tanyakan kepada penyedia CCTV yang Anda percaya terkait layanan aftersales setelah pemasangan CCTV.

Tidak hanya itu, Anda juga perlu mengetahui bagaimana garansi dari CCTV yang Anda pilih. Dengan ini, Anda tidak perlu khawatir apabila terjadi sesuatu yang tidak dapat dihindari dari kamera CCTV kantor.

Baca juga: Sistem CCTV Gedung: Sistem, Jenis, dan Rekomendasinya

 

Rekomendasi Penyedia CCTV Kantor Terbaik di Indonesia

Keamanan bagi gedung kantor menjadi salah satu prioritas yang penting untuk memastikan keamanan setiap penghuninya. Oleh karena itu, memiliki CCTV yang tepat dan baik itu merupakan hal yang sangat penting.

kami merekomendasikan MBS CCTV sebagai penyedia CCTV terpercaya untuk gedung perkantoran. MBS CCTV memahami kebutuhan CCTV setiap gedung. Dapatkan info lebih lanjut mengenai produk kami di website kami. Klik di sini!
 

Read Next

Commercial Truck Tracking System Solusi Keamanan dan Efisiensi Bisnis
Jun 15, 2024
Commercial Truck tracking system menggunakan GPS untuk memantau lokasi dan perilaku kendaraan secara real-time. Simak artikel ini untuk mengetahui lebih lanjut!
Sistem Fire Alarm Konvensional Solusi Efisien untuk Keamanan Bangunan
Jun 15, 2024
Sistem fire alarm konvensional adalah sistem peringatan dini kebakaran untuk bangunan kecil hingga menengah. Simak artikel ini untuk mengetahui lebih lanjut!
Supplier CCTV Honeywell Indonesia Terpercaya
Jun 12, 2024
Di Indonesia, Honeywell telah dikenal sebagai salah satu merek CCTV teratas. Simak jika anda mencari supplier CCTV Honeywell resmi dan terpercaya.
Sistem dan Teknologi Automatic Border Control
Jun 11, 2024
Automatic Border Control (ABC) adalah sistem otomatis yang digunakan pada pintu masuk perbatasan seperti bandara atau pelabuhan. Yuk, ketahui lebih lanjut!
Tips Memilih Kamera CCTV Kantor yang Terbaik
Jun 01, 2024
Memilih CCTV untuk kantor juga tidak dapat dilakukan secara sembarangan. Ada beberapa pertimbangan yang perlu dipikirkan saat memilih produk CCTV kantor.
Pentingnya Memasang CCTV Rumah Ibadah untuk Menjaga Keamanan
May 31, 2024
Sebagai penyedia CCTV yang terpercaya di Indonesia, MBS CCTV akan membahas pentingnya kamera CCTV rumah ibadah yang perlu Anda ketahui. Simak selengkapnya!