Manfaat Kamera CCTV Pabrik dan Tips Memilihnya untuk Area Pabrik

Posted on May 30, 2024

Sebagai ahli dalam bidang penyediaan CCTV, kami akan membahas tentang beragam manfaat dari memasang perangkat CCTV pabrik dan bagaimana cara memilihnya.


Area pabrik merupakan tempat dengan luas yang sangat besar dan penuh dengan barang-barang yang berharga, mulai dari barang mentah, barang produksi, hingga inventaris kantor. Oleh karena itu, kamera pengawas seperti CCTV sangat penting bagi pabrik.

Manfaat Kamera CCTV Pabrik dan Tips Memilihnya untuk Area Pabrik

Key Takeaways

  • Pemasangan CCTV di pabrik dapat membantu menjaga keamanan dan mengawasi kinerja karyawan serta alat produksi pabrik.
  • Dalam memilih kamera CCTV, ada beberapa pertimbangan yang perlu dipikirkan sebelum memasang kamera CCTV pada pabrik.

Sebagai ahli dalam bidang penyediaan CCTV, kami akan membahas tentang beragam manfaat dari memasang perangkat CCTV di pabrik dan bagaimana cara memilih kamera CCTV yang tepat untuk pabrik.

 

Kenapa CCTV Penting untuk Pabrik

Mengapa CCTV sangat penting bagi pabrik? Faktanya, salah satu tempat yang paling rawan terjadi pencurian merupakan pabrik, meskipun pabrik merupakan tempat yang cukup ramai dan besar.

Data dari US Department of Commerce menyebutkan jika bisnis bisa mengalami kerugian hingga 50 milyar dollar tiap tahunnya karena adanya pencurian di properti milik perusahaan, seperti pabrik. Hal ini ditambah dengan fakta bahwa pencurian yang sering dialami oleh perusahaan adalah pencurian inventaris dan produk.

Dari situ, kita dapat memahami betapa pentingnya pengawasan keamanan pabrik dengan menggunakan kamera CCTV. Meskipun umumnya pabrik sudah memiliki banyak petugas keamanan, tetapi tidak semuanya dapat menjangkau seluruh area pabrik.

Tidak hanya itu, CCTV juga dapat membantu fungsi pengawasan dari perusahaan untuk mengawasi area produksi pabrik. Dengan hal ini, perusahaan dapat melihat apakah karyawan yang ada di dalam pabrik bekerja dengan benar atau melakukan kesalahan.

Tentunya, tidak mungkin pengawas produksi harus turun keliling ke setiap area pabrik. Oleh karena itu, CCTV memiliki peranan penting bagi pabrik.

 

Apa Manfaat dan Fungsi CCTV untuk Pabrik

Jika CCTV untuk pabrik sangat penting, lalu apa saja manfaat dan fungsi CCTV untuk pabrik? Berikut adalah beberapa manfaat dan fungsinya.

1. Untuk Menjaga Keamanan Pabrik dari Tindak Kejahatan

Manfaat dan fungsi pertama dari kamera CCTV pada area pabrik adalah untuk menjaga keamanan lingkungan pabrik. Hal ini karena CCTV menjadi perangkat yang efektif untuk mengawasi lingkungan pabrik dan dapat bekerja selama 24 non-stop.

Tidak hanya itu, adanya CCTV juga akan menjaga pabrik dari adanya ancaman kejahatan, mengingat pabrik merupakan tempat dengan banyak orang dan tak jarang orang bisa masuk dengan mudah di area pabrik.

Terlebih, jika CCTV pabrik terintegrasi dengan instansi keamanan seperti kepolisian, ini akan meningkatkan respons baik dari pihak perusahaan maupun polisi dalam menangani kasus kejahatan dalam lingkungan pabrik. Pemerintah Kota Yogyakarta menjadi salah satu kota yang mengintegrasikan berbagai titik CCTV yang mengawasi tempat-tempat strategis, salah satunya tempat usaha dan produksi, dengan pihak kepolisian untuk memberikan rasa nyaman.

2. Mengawasi Area Pabrik dan Pekerjanya

Selanjutnya, CCTV juga dapat membantu perusahaan dalam mengawasi setiap pekerja atau karyawan yang ada di dalam pabrik. Tidak hanya mengawasi adanya potensi kejahatan, CCTV juga dapat mengawasi setiap kondisi pekerja pabrik.

CCTV menjadi perangkat yang efektif dalam mengawasi aktivitas semua pekerja dalam pabrik. Lewat hal ini, tentunya perusahaan dapat memastikan bahwa produktivitas pabrik tetap terjaga.

Dilansir dari penelitian Geaviano di tahun 2018 yang meneliti tentang efektivitas CCTV untuk pengawasan pegawai dalam perusahaan menyebutkan jika pemilik bisnis merasa penggunaan CCTV untuk mengawasi kinerja para karyawan dapat dikatakan efektif. Hal ini karena manajemen secara langsung dapat mengawasi perilaku pekerja sehingga meminimalisir pelanggaran yang ada.

3. Memantau Kondisi Pabrik

Selanjutnya, kamera CCTV juga dapat membantu perusahaan dalam memantau kondisi pabrik secara menyeluruh. Hal ini dilakukan agar perusahaan tahu apakah fasilitas, mesin, maupun infrastruktur yang ada di dalam pabrik bekerja secara baik dan optimal.

Kamera CCTV pabrik juga dapat membantu memantau situasi apabila pabrik kedatangan tamu sehingga setiap gerak-gerik tamu dapat diawasi. Tidak hanya itu, CCTV pabrik juga dapat membantu pabrik dalam mengawasi aktivitas masuknya pasokan bahan baku ke dalam pabrik.

4. Memudahkan Pekerjaan Satpam

Meskipun pabrik dapat mempekerjakan satpam dalam jumlah yang banyak di lingkungan pabrik, tetapi kemampuan mereka pada dasarnya terbatas. 

Satpam pabrik belum tentu dapat mengawasi seluruh area pabrik secara bersamaan sekaligus. Oleh karena itu, keberadaan CCTV menjadi perangkat yang tepat untuk memudahkan pekerjaan satpam.

Perangkat CCTV dapat bekerja selama 24 jam tanpa henti dan dapat ditempatkan di seluruh sudut pabrik. Hal ini tentunya dapat memudahkan satpam karena bisa melakukan fungsi pengawasan di berbagai tempat sekaligus hanya melalui rekaman kamera CCTV. 

Baca juga: Mengenali Fitur Alarm CCTV untuk Meningkatkan Keamanan Properti

 

 

Tips untuk Memilih Kamera CCTV Pabrik

Tips untuk Memilih Kamera CCTV Pabrik

Berikut adalah berbagai tips dari MBS CCTV untuk memilih kamera CCTV yang tepat bagi pabrik.

1. Mencari Tahu Fitur dan Spesifikasi Kamera CCTV

Setiap CCTV memiliki fitur dan spesifikasi yang berbeda-beda. Namun, Anda harus dapat menyesuaikan fitur dan spesifikasi yang ada di dalam CCTV dengan kebutuhan pabrik.

Ada beberapa fitur yang umum ditemui di CCTV dan dapat dimanfaatkan dengan baik oleh pabrik. Fitur-fitur tersebut, seperti kamera 360 derajat yang dapat merekam segala arah ruangan pabrik. Kemudian ada fitur deteksi suara yang dapat mendeteksi adanya kejadian yang tidak normal atau kurang kondusif dalam pabrik.

Fitur lainnya adalah fitur dimana pengguna CCTV dapat mengawasi setiap kamera CCTV di perangkat apapun kapanpun dan dimanapun. Hal ini dapat dilakukan dengan menggunakan IP Camera CCTV

2. Memahami Paket CCTV Sesuai Kebutuhan

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, setiap perusahaan atau pabrik harus memilih paket CCTV sesuai dengan kebutuhan yang diperlukan dari pabrik.

Kebutuhan ini mencakup beragam hal, mulai dari fitur, fungsi, jumlah kamera, hingga anggaran untuk kamera CCTV. Selain itu, Anda juga perlu mencari tahu apakah Anda akan membutuhkan kamera CCTV indoor atau outdoor, mengingat kualitas daya tahan kedua jenis kamera tersebut juga berbeda.

Tidak hanya itu, Anda juga perlu memikirkan bagaimana layanan after sales dari produk CCTV yang Anda gunakan. Oleh karena itu, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu kepada layanan penyedia CCTV yang Anda percayakan.

3. Pilih Kamera CCTV dengan Hasil Rekaman Berkualitas Tinggi

Sebelum memasang kamera CCTV, pastikan bahwa kamera CCTV yang Anda pilih memiliki kondisi yang baik serta beresolusi tinggi. Hal ini penting karena akan memengaruhi kualitas rekaman.

Mengingat pabrik merupakan area yang luas, Anda perlu kamera CCTV dengan resolusi yang tinggi. Hal ini akan memudahkan Anda dalam mengawasi setiap sudut ruangan pabrik dengan kualitas perekaman yang baik.

4. Pilih CCTV Analog atau IP Camera

Selanjutnya, Anda juga perlu mempertimbangkan untuk menggunakan CCTV Analog atau IP Camera CCTV. Baik keduanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

CCTV Analog menggunakan kabel coaxial dan memiliki variasi produk lebih banyak dengan harga yang lebih terjangkau. Hal ini cocok bagi pabrik yang ingin memiliki kamera CCTV dalam jumlah yang banyak.

Di sisi lain, IP Camera memiliki instalasi kabel yang lebih ringkas karena mengandalkan internet. Hal ini membuat IP Camera dapat dipantau dimanapun dan kapanpun. Selain itu, IP Camera juga lebih tahan terhadap adanya interferensi atau noise walaupun memiliki harga yang lebih mahal.

 

Tips Memasang Kamera CCTV pada Area Pabrik

Setelah mengetahui apa saja yang perlu diketahui dalam memilih CCTV yang tepat untuk pabrik. Selanjutnya Anda juga perlu memahami beberapa tips pemasangan CCTV pada area pabrik. Berikut adalah tempat-tempat pemasangan CCTV yang kami rekomendasikan.

1. Di Area Parkir Pabrik

Area pemasangan CCTV yang paling kami rekomendasikan adalah untuk memasang di area parkir kendaraan. Area parkir kendaraan seringkali dikesampingkan dari pengawasan keamanan. Namun, justru area parkir pabrik rentan mengalami pencurian kendaraan maupun barang lainnya.

Oleh karena itu, memasang CCTV di area parkir pabrik dapat meningkatkan keamanan pabrik dari adanya potensi tindakan kejahatan.

2. Di Pintu Masuk dan Pintu Keluar Pabrik

Selanjutnya, kamera CCTV perlu dipasang di pintu masuk dan keluar pabrik. Hal ini penting karena pabrik merupakan tempat yang didatangi oleh banyak orang. 

Melalui pemasangan CCTV di tempat tersebut, perusahaan dapat mengawasi apakah ada orang mencurigakan yang masuk ke dalam area pabrik. Selain itu, CCTV di pintu masuk juga dapat mengawasi apakah ada karyawan yang sering terlambat bekerja.

3. Di Area Produksi Pabrik

CCTV juga perlu dipasang di segala sudut area produksi. Hal ini penting agar CCTV dapat mengawasi apakah ada potensi kecelakaan kerja yang terjadi sehingga dapat ditangani dengan baik dan cepat.

Selain itu, CCTV di area produksi juga dapat digunakan untuk mengawasi kinerja setiap karyawan pabrik. Oleh karena itu, CCTV paling banyak dipasang di area ini.

4. Di Gudang Pabrik

Tidak hanya area produksi, kamera CCTV juga perlu dipasang di gudang pabrik. Hal ini karena setiap bahan dan produk dari pabrik disimpan di gudang pabrik dan rentan akan pencurian.

Tidak hanya itu, memasang kamera CCTV di area gudang pabrik juga dapat membantu Anda dalam mengawasi apabila terjadi keanehan dalam gudang pabrik.

5. Di Area Kantor Pabrik

Area kantor pabrik juga harus dipasang kamera CCTV. Hal ini karena area kantor menyimpan banyak dokumen penting hingga uang perusahaan yang rentan menjadi sasaran pencurian.

Baca juga: Sistem CCTV Gedung: Sistem, Jenis, dan Rekomendasinya

 

Rekomendasi Kamera CCTV Terbaik untuk Pabrik

Tadi kita sudah membahas tentang pentingnya kamera CCTV untuk pabrik. Oleh karena itu, memiliki CCTV yang tepat dan baik itu merupakan hal yang sangat penting.

kami merekomendasikan MBS CCTV sebagai penyedia CCTV terpercaya untuk area pabrik. MBS CCTV memahami kebutuhan CCTV bagi setiap perusahaan dan pabrik. Dapatkan info lebih lanjut mengenai produk kami di website MBS CCTV.

Read Next

Commercial Truck Tracking System Solusi Keamanan dan Efisiensi Bisnis
Jun 15, 2024
Commercial Truck tracking system menggunakan GPS untuk memantau lokasi dan perilaku kendaraan secara real-time. Simak artikel ini untuk mengetahui lebih lanjut!
Sistem Fire Alarm Konvensional Solusi Efisien untuk Keamanan Bangunan
Jun 15, 2024
Sistem fire alarm konvensional adalah sistem peringatan dini kebakaran untuk bangunan kecil hingga menengah. Simak artikel ini untuk mengetahui lebih lanjut!
Supplier CCTV Honeywell Indonesia Terpercaya
Jun 12, 2024
Di Indonesia, Honeywell telah dikenal sebagai salah satu merek CCTV teratas. Simak jika anda mencari supplier CCTV Honeywell resmi dan terpercaya.
Sistem dan Teknologi Automatic Border Control
Jun 11, 2024
Automatic Border Control (ABC) adalah sistem otomatis yang digunakan pada pintu masuk perbatasan seperti bandara atau pelabuhan. Yuk, ketahui lebih lanjut!
Tips Memilih Kamera CCTV Kantor yang Terbaik
Jun 01, 2024
Memilih CCTV untuk kantor juga tidak dapat dilakukan secara sembarangan. Ada beberapa pertimbangan yang perlu dipikirkan saat memilih produk CCTV kantor.
Pentingnya Memasang CCTV Rumah Ibadah untuk Menjaga Keamanan
May 31, 2024
Sebagai penyedia CCTV yang terpercaya di Indonesia, MBS CCTV akan membahas pentingnya kamera CCTV rumah ibadah yang perlu Anda ketahui. Simak selengkapnya!