Alasan Mengapa Perumahan Perlu Kamera CCTV Perumahan

Posted on May 20, 2024

Apa sebenarnya pentingnya menggunakan CCTV untuk perumahan? Kami akan membahas lebih dalam tentang alasan yang perlu diketahui dari mengapa perumahan perlu CCTV


Komplek perumahan seharusnya menjadi tempat yang aman bagi keluarga. Hal ini karena pada umumnya, komplek perumahan dihuni oleh banyak keluarga yang ingin merasakan tinggal dengan rasa aman dan nyaman. Data dari Polri menyebutkan jika setidaknya ada 58 ribu orang yang dilaporkan menjadi pelaku pencurian.

Alasan Mengapa Perumahan Perlu Kamera CCTV Perumahan

Key Takeaways

  • Menggunakan CCTV untuk perumahan sangatlah penting
  • Tidak hanya untuk mencegah kejahatan, CCTV di perumahan juga dapat menjadi alat bukti.

Oleh karena itu, pengembang komplek perumahan harus menjamin keamanan bagi semua rumah dan seluruh penghuni yang ada di dalam perumahan tersebut. Keamanan tersebut dapat diwujudkan dengan keamanan langsung melalui satpam atau menggunakan CCTV.

Lalu, apa sebenarnya pentingnya menggunakan CCTV untuk perumahan? kami sebagai penyedia CCTV yang berpengalaman menyediakan kamera CCTV untuk beragam pengembang perumahan akan membahas lebih dalam tentang alasan yang perlu diketahui dari mengapa perumahan perlu CCTV.

 

Manfaat Memiliki Kamera CCTV untuk Perumahan

Seiring berkembangnya jaman, semakin banyak sektor atau industri yang menggunakan CCTV. Oleh karena itu menurut kami, menggunakan CCTV juga sangat penting bagi perumahan. Berikut adalah beberapa alasannya:

1. Mencegah Terjadinya Kejahatan di Komplek Perumahan

Salah satu manfaat paling utama dari memasang CCTV pada komplek perumahan adalah untuk mencegah terjadinya kejahatan yang dapat terjadi di komplek perumahan, mulai dari pencurian, perampokan, hingga pembegalan.

Data dari College of Policing menyebutkan jika memasang CCTV di area perumahan dapat menurunkan tingkat kejahatan di lokasi sekitar hingga 13%. Hal ini menunjukkan efektivitas kamera CCTV dalam perumahan.

Jika ada orang yang ingin berbuat jahat di komplek perumahan, mereka akan mengurungkan niat jika mengetahui komplek perumahan tersebut memiliki CCTV.

2. Membantu Pekerjaan Security atau Petugas Keamanan

Manfaat selanjutnya dari menggunakan CCTV adalah keberadaan CCTV di perumahan dapat memudahkan pekerjaan bagi security, satpam, atau petugas keamanan.

Umumnya perumahan wajib memiliki pos satpam atau pos penjagaan sebagai tempat keamanan agar tidak sembarang orang dapat masuk ke dalam perumahan. Tidak hanya itu, keberadaan satpam juga berfungsi untuk memastikan keamanan dalam perumahan.

Meskipun begitu, perumahan tetap membutuhkan CCTV. Hal ini agar satpam tidak perlu harus keliling ke perumahan setiap saat. Dengan adanya CCTV, ini akan memudahkan petugas keamanan dalam menjaga perumahan dan mengawasi seluruh sisi perumahan secara bersamaan.

3. Menjadi Barang Bukti jika Terjadi Kejahatan

Jika hal buruk terjadi di perumahan, seperti telah terjadi pencurian atau kejahatan lainnya, maka CCTV akan berperan penting dalam menemukan pelaku dari kejahatan tersebut. Dilansir dari HukumOnline, CCTV merupakan bagian dari alat bukti.

Dengan adanya CCTV, petugas keamanan dapat mengetahui siapa yang telah melakukan kejahatan. Tidak hanya itu, CCTV juga dapat menjadi alat bukti yang sangat kuat untuk selanjutnya dibawa ke kepolisian.

Keberadaan CCTV di perumahan juga dapat memudahkan kepolisian untuk menangkap pelaku kejahatan dan memberikan pidana yang sesuai dengan kejahatan yang dilakukan.

Baca juga: Mengenali Fitur Alarm CCTV untuk Meningkatkan Keamanan Properti

 

Rekomendasi Penyedia CCTV Terpercaya untuk Perumahan

Rekomendasi Penyedia CCTV Terpercaya untuk Perumahan

Keamanan perumahan menjadi salah satu prioritas yang penting untuk memastikan keamanan setiap penghuninya. Oleh karena itu, memiliki CCTV itu merupakan hal yang sangat penting.

kami merekomendasikan MBS CCTV sebagai penyedia CCTV terpercaya untuk perumahan. MBS CCTV memahami kebutuhan CCTV setiap perumahan. Dapatkan info lebih lanjut mengenai produk kami di website MBS CCTV.

Baca juga: Simak Jenis Security Camera untuk Rumah

Read Next

Commercial Truck Tracking System Solusi Keamanan dan Efisiensi Bisnis
Jun 15, 2024
Commercial Truck tracking system menggunakan GPS untuk memantau lokasi dan perilaku kendaraan secara real-time. Simak artikel ini untuk mengetahui lebih lanjut!
Sistem Fire Alarm Konvensional Solusi Efisien untuk Keamanan Bangunan
Jun 15, 2024
Sistem fire alarm konvensional adalah sistem peringatan dini kebakaran untuk bangunan kecil hingga menengah. Simak artikel ini untuk mengetahui lebih lanjut!
Supplier CCTV Honeywell Indonesia Terpercaya
Jun 12, 2024
Di Indonesia, Honeywell telah dikenal sebagai salah satu merek CCTV teratas. Simak jika anda mencari supplier CCTV Honeywell resmi dan terpercaya.
Sistem dan Teknologi Automatic Border Control
Jun 11, 2024
Automatic Border Control (ABC) adalah sistem otomatis yang digunakan pada pintu masuk perbatasan seperti bandara atau pelabuhan. Yuk, ketahui lebih lanjut!
Tips Memilih Kamera CCTV Kantor yang Terbaik
Jun 01, 2024
Memilih CCTV untuk kantor juga tidak dapat dilakukan secara sembarangan. Ada beberapa pertimbangan yang perlu dipikirkan saat memilih produk CCTV kantor.
Pentingnya Memasang CCTV Rumah Ibadah untuk Menjaga Keamanan
May 31, 2024
Sebagai penyedia CCTV yang terpercaya di Indonesia, MBS CCTV akan membahas pentingnya kamera CCTV rumah ibadah yang perlu Anda ketahui. Simak selengkapnya!