Simak Jenis Security Camera untuk Rumah

Posted on Oct 13, 2023

Ada begitu banyak opsi security camera atau kamera keamanan yang tersedia saat ini. Beberapa kamera digunakan secara eksklusif di lingkungan bisnis....


Ada begitu banyak opsi security camera atau kamera keamanan yang tersedia saat ini. Beberapa kamera digunakan secara eksklusif di lingkungan bisnis, sementara yang lain digunakan di rumah. 

Simak Jenis Security Camera untuk Rumah

Security Camera: Rumah Vs Bisnis/Area komersial

Rumah memiliki kebutuhan akan security camera yang berbeda dengan lingkungan bisnis. Pemilik rumah mungkin lebih suka memiliki kamera keamanan yang kompak, menggunakan baterai dan tidak mengganggu tampilan rumah. 

Area bisnis memerlukan kamera yang lebih besar dan mencolok untuk memantau ruang yang lebih luas. Selain itu, perusahaan memerlukan fitur yang lebih mahal dan canggih termasuk kapasitas penyimpanan besar dan enkripsi data.

Fitur Home Security Camera

Memilih jenis security camera untuk rumah tidak terlepas dari kebutuhan spesifik pemilik rumah. Misalnya, jika anda ingin memantau kondisi rumah dan area pekarangan maka pertimbangkan kualitas gambar dan kapasitas penyimpanan. Atau bila anda ingin mendapatkan gambaran tentang kondisi sekitar di rumah anda pada malam hari maka memilih kamera dengan night vision canggih merupakan solusi.

Secara umum, fitur yang menjadi perhatian anda sebagai pemilik rumah sebelum memutuskan untuk membeli kamera keamanan meliputi:

  • Motion activation: fitur untuk mendeteksi gerakan.
  • Field of view: jangkauan atau cakupan area yang mampu disorot.
  • Speaker and microphone.
  • Fitur pan-tilt-zoom.
  • Facial recognition untuk mendeteksi wajah.
  • Fitur geofencing.
  • Sistem wired atau wireless.
  • Fitur night vision atau kemampuan mengambil gambar pada malam hari dengan cahaya minim.
  • Dapat dihubungkan ke Wi-Fi atau tidak
  • Dapat dikontrol dari aplikasi Smartphone
  • Daya tahan dan desainnya
  • harga.

Seluruh indikator di atas perlu dipikirkan agar anda mendapatkan kamera keamanan yang sesuai dengan kebutuhan.

 

Jenis Security Camera untuk Rumah

Berikut adalah jenis-jenis kamera keamanan rumah yang paling sering digunakan di lingkungan perumahan, karena fitur dan harganya lebih sesuai dengan kebutuhan pemilik rumah.

Jenis Security Camera untuk Rumah

1. Kamera Floodlight

Kamera floodlight khususnya untuk luar ruangan. Menggabungkan fungsi floodlight dan night vision menjadi satu perangkat yang nyaman. Pada malam hari, kamera ini dapat menyoroti area di mana gerakan terdeteksi dengan kualitas tinggi. 

Jenis ini umumnya dapat terhubung ke jaringan Wifi rumah sehingga anda dapat melihat secara live streaming terhadap gerakan yang terjadi. Selain rumah, floodlight camera digunakan juga oleh perusahaan komersial untuk menerangi halaman, gudang, tempat dan area parkir.

2. Kamera Motion-Activated

Motion-Activated Camera dapat memantau area rumah secara terus menerus kemudian akan merekam saat mendeteksi adanya gerakan. 

Jenis home security camera ini menggunakan motion sensor lighting. Setiap kali kamera mendeteksi perubahan pencahayaan yang cukup drastis (seperti bayangan seseorang), sensor akan diaktifkan kemudian mulai merekam mengirim peringatan ke panel kontrol sistem keamanan.

Kamera Motion-Activated telah dilengkapi aplikasi seluler. Pengguna dapat mengunduh dan menginstalnya untuk menerima notifikasi real-time saat kamera mendeteksi aktivitas.

3. Kamera Inframerah

Kamera inframerah menggunakan teknologi inframerah untuk mendeteksi gerakan dan panas. Salah satu cara penggunaan teknologi inframerah adalah untuk mendeteksi sinyal terhalang. Jika sebuah objek melintasi sinyal yang dipancarkan oleh sensor gerak, itu akan memberi peringatan ke panel kontrol sistem keamanan dan mengirimkan peringatan bahwa ada aktivitas mencurigakan yang mungkin terjadi di rumah.

Ada juga kamera yang menggunakan teknologi inframerah untuk mendeteksi panas, sehingga mengaktifkan sensor gerak saat ada perubahan suhu yang tiba-tiba di lapangan pandang kamera. Anda mungkin mengenalnya sebagai kamera termal. Jenis kamera rumah ini sangat berguna untuk mendeteksi panas tubuh. 

Sensor inframerah juga membantu dengan visi malam. Kejahatan dan aktivitas mencurigakan tidak terjadi eksklusif selama jam siang, sehingga kamera keamanan yang dilengkapi teknologi visi malam adalah hal yang baik untuk dimiliki di rumah Anda. 

Kamera dengan visi malam menggunakan lampu inframerah untuk mengambil gambar yang jelas, bahkan dalam kegelapan. Ketika malam tiba, kamera dengan teknologi visi malam beralih ke mode malam, mengandalkan penerangan inframerah untuk mengambil foto atau video yang terpapar dengan baik dari sekitarnya.

4. Kamera wired

Kamera berkabel adalah bentuk tertua dari kamera keamanan. Jenis ini mengandalkan kabel untuk mendapatkan daya. Kamera keamanan wired adalah bentuk kamera keamanan yang sudah ada lama. 

Kamera jenis ini memiliki dua kabel penting: satu yang terhubung ke sumber daya, dan satu lagi yang terhubung ke saluran telepon rumah. Kamera yang memantau melalui saluran telepon tidak memerlukan baterai tetapi memerlukan instalasi profesional. Kamera-kamera ini biasanya menyimpan rekaman di kartu SD yang ada di dalam kamera.

5. Kamera Nirkabel

Kamera keamanan nirkabel berbeda dari kamera keamanan berkabel karena tidak memerlukan koneksi ke saluran telepon rumah untuk berfungsi. Sebaliknya, terhubung ke internet melalui Wi-Fi. Meskipun namanya mungkin membuat Anda berpikir sebaliknya, kamera keamanan nirkabel tetap memerlukan kabel fisik yang menghubungkannya ke sumber daya.

Kabel yang memberi daya pada kamera nirkabel langsung ke dinding, sehingga penting bahwa kamera-kamera ini ditempatkan dekat sumber listrik. Sebagian besar model kamera nirkabel memiliki baterai cadangan, sehingga tetap dapat menjalankan fungsinya dalam kasus pemadaman listrik. Karena terhubung ke Wi-Fi rumah, kamera nirkabel dapat mengunggah video ke penyimpanan online.

Namun, dalam hal masalah koneksi, kamera-kamera nirkabel juga dapat menyimpan rekaman di kartu memori lokal. Karena jenis kamera ini tidak perlu terhubung ke saluran telepon apa pun, anda tidak perlu bantuan instalasi profesional untuk mulai memantau properti.

6. Kamera Seluler

Kamera keamanan seluler, yang dapat digunakan di rumah dan bisnis, adalah bentuk surveilans nirkabel yang menggunakan jaringan seluler untuk mentransfer data daripada internet. 

Kamera seluler berfungsi di jaringan yang sama dengan ponsel dan mengurangi risiko sistem diretas melalui koneksi internet. Ini membuatnya menjadi pilihan yang aman untuk rumah dan bisnis yang berisiko, dan karena ditenagai oleh baterai daripada kabel, anda dapat mengandalkannya tetap aktif bahkan selama pemadaman listrik.

7. Kamera Baterai

Kamera yang ditenagai baterai adalah bebas kabel dan hanya ditenagai oleh baterai. Jenis kamera keamanan rumah ini benar-benar nirkabel. Hasil rekaman dapat diunggah ke sistem penyimpanan online atau disimpan secara lokal di kartu memori. 

Kamera keamanan yang ditenagai baterai adalah jenis kamera paling mudah diinstal; yang harus Anda lakukan adalah memasang baterai, menghidupkan daya, dan menempatkan setiap kamera di tempat yang diinginkan. 

Kemungkinan penempatan tidak terbatas. Tanpa terikat oleh kabel untuk konektivitas atau daya, kamera-kamera yang ditenagai baterai dapat diatur sejauh dari colokan listrik rumah sejauh yang diinginkan.

8. Kamera PoE

PoE adalah singkatan dari power over ethernet. Kamera ini memerlukan satu kabel ethernet tunggal untuk menghubungkan kamera keamanan ke camcorder. Kamera keamanan mengambil gambar dan camcorder menyimpannya. 

Kabel ethernet memberikan daya pada kamera dan memungkinkan dua perangkat terpisah ini berkomunikasi satu sama lain, sehingga memungkinkan satu untuk mengambil rekaman video dan yang lainnya untuk menyimpannya.

Karena hanya memerlukan satu kabel ethernet tunggal maka jenis security camera ini mudah digunakan dan memerlukan instalasi minimal. Yang penting, anda tahu dimana menempatkan kamera agar mendapatkan sudut pandang yang paling optimal dari area yang ingin diawasi.

Kamera PoE dapat dilengkapi switch PoE sebagai solusi jika anda menginginkan lebih dari satu kamera keamanan tunggal di rumah. Switch PoE adalah perangkat dengan beberapa port ethernet. Port yang banyak akan membantu perangkat mendukung beberapa kamera. 

Switch PoE juga kompatibel dengan NVR sehingga pengguna dapat menghubungkan semua perangkat ke satu lokasi. Dengan demikian pengguna dapat lebih mudah mengelola perangkat keamanan dan rekaman.

9. Game Camera

Game camera adalah kamera luar yang diciptakan untuk membantu pemburu melacak satwa liar. Jenis home security camera ini dapat digunakan untuk berburu dan di sekitar rumah untuk menjaga keamanan properti.

Umumnya game camera ini ditenagai baterai, tahan cuaca dan menggunakan teknologi inframerah untuk mengambil gambar dengan kecepatan yang luar biasa. Fiturnya mencakup foto, merekam video dan menangkap time-lapse. Ada juga beragam pilihan penyimpanan, termasuk nirkabel dan kartu memori.

Game camera mengambil foto berkualitas tinggi saat mendeteksi gerakan dalam garis pandang. Foto yang diambil oleh jenis kamera ini menawarkan kualitas gambar yang sangat baik. Resolusinya berkualitas tinggi baik pada siang hari maupun malam berkabut berawan dengan adanya fitur night vision berteknologi infra merah.

 

Perbedaan antara Security Camera dengan CCTV

Security camera dan CCTV merupakan dua konsep yang sering digunakan dalam pengawasan dan pemantauan keamanan. Meskipun sering digunakan secara bergantian, ada perbedaan penting antara keduanya:

Perbedaan security camera dan CCTV:

  • Security Camera adalah istilah yang lebih umum dan mencakup berbagai jenis kamera yang digunakan untuk tujuan keamanan, termasuk kamera pengawasan, kamera jaringan (IP camera), kamera nirkabel, kamera tersembunyi, dan lainnya. Kamera keamanan dapat mencakup perangkat keras dan perangkat lunak untuk memantau dan merekam aktivitas di area tertentu.
  • CCTV adalah sistem yang lebih luas yang terdiri dari serangkaian kamera, peralatan perekam (DVR atau NVR), monitor, dan infrastruktur terkait lainnya. CCTV digunakan untuk mengawasi area tertentu dan memungkinkan pengguna untuk memantau dan merekam aktivitas tersebut dalam sistem tertutup (closed-circuit), yang berarti sinyal video tidak disebarluaskan secara publik.
  • Security camera umumnya digunakan untuk pemantauan langsung oleh individu atau perekaman video untuk dipantau kemudian. Beberapa kamera keamanan modern juga dapat terhubung ke jaringan dan memungkinkan pemantauan jarak jauh melalui perangkat seluler atau komputer.
  • CCTV umumnya dirancang untuk perekaman dan pemantauan terus-menerus. Sistem ini menggunakan peralatan perekam yang dapat menyimpan sejumlah besar data video untuk jangka waktu yang lebih lama.

Baca juga: Rekomendasi CCTV Rumah untuk Smart Home dan Keunggulannya

Baik security camera maupun CCTV dapat diaplikasikan untuk mengawasi rumah anda. Untuk kebutuhan yang lebih spesifik terkait keduanya, anda dapat melihat katalog lengkap di distributor security system terpercaya yaitu MBS. 

 

Read Next

Kelebihan Panel Surya Dibandingkan Listrik Konvensional
Mar 06, 2024
Terdapat banyak kelebihan panel surya dibandingkan tenaga listrik berbasis fosil. Salah satunya adalah sebagai sumber energi bersih dan terbarukan.
Jenis Panel Surya Rekomendasi Terbaik 2024
Mar 05, 2024
Jenis panel surya yang paling umum dikenal secara konvensional adalah solar panel monocrystalline dan polycrystalline. Simak selengkapnya pada artikel berikut!
Perbandingan Antara On-Grid Solar Panel dengan Off-grid
Mar 04, 2024
On-grid solar panel dikenal juga sebagai grid-tied solar panels or grid-connected solar panels. Cari tahu selengkapnya pada artikel berikut ini!
Monocrystalline Solar Panel untuk Estetika Bangunan
Mar 02, 2024
Monocrystalline solar panel adalah jenis modul fotovoltaik yang terbuat dari struktur kristal tunggal dari material silikon. Simak kelebihan dan kekurangannya!
Pemasangan dan Instalasi Atap Panel Surya
Mar 01, 2024
Dalam sistem Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Atap, instalasi komponen atap panel surya perlu memperhatikan persyaratan administrasi dan teknis.
Memahami Pengertian Logistik dalam Supply Chain
Feb 22, 2024
Dalam rantai pasokan (supply chain), pengertian logistik merujuk pada manajemen distribusi barang dan jasa dari titik produsen ke titik konsumen akhir.