Rekomendasi CCTV Rumah untuk Smart Home dan Keunggulannya

Posted on Sep 27, 2023

Artikel ini akan memberikan rekomendasi kamera CCTV rumah khususnya dari Honeywell yang salah satu merek terbaik di Indonesia. Simak hingga tuntas!


Smart home atau rumah cerdas merupakan solusi sistem proteksi cerdas dengan bantuan teknologi canggih. Salah satu integral dalam sistem ini adalah cctv rumah yang mampu berfungsi optimal. Artikel ini akan memberikan rekomendasi kamera CCTV rumah khususnya dari Honeywell yang salah satu merek terbaik di Indonesia.

Rekomendasi CCTV Rumah untuk Smart Home dan Keunggulannya

Jenis CCTV Rumah 2023

Pengembangan sistem keamanan rumah yang meliputi CCTV terus berkembang. Terbaru adalah integrasi sensor dan sistem pengenalan wajah yang memungkinkan kamera mengidentifikasi objek (manusia) dengan lebih detail. Kontrol jarak jauh juga merupakan bagian dari pengembangan yang memungkinkan terciptanya smart home. 

Dari sekian model CCTV rumah, berikut adalah jenis paling umum yang tersedia saat ini:

1. CCTV Analog

CCTV Analog adalah jenis kamera CCTV rumah yang menggunakan kamera analog untuk merekam dan mengirimkan sinyal video ke perangkat perekam, seperti DVR. Kualitas gambar yang dihasilkan umumnya lebih rendah daripada CCTV IP. Masih mengandalkan kabel koaksial untuk konektivitas. Jenis ini tetap menjadi pilihan yang terjangkau untuk pengawasan keamanan di berbagai lokasi.

2. CCTV IP (Internet Protocol)

CCTV IP (Internet Protocol) adalah jenis yang menggunakan teknologi jaringan komputer atau internet untuk mentransmisikan video. Smart IP Camera menghasilkan kualitas gambar yang lebih tinggi, HD hingga 4K. Jenis ini memungkinkan pengguna untuk mengaksesnya dari jarak jauh melalui perangkat seperti smartphone atau komputer. 

Sebagai pilihan yang lebih modern, CCTV IP menawarkan berbagai fitur tambahan seperti deteksi gerakan, pemantauan malam dan penyimpanan cloud. Meskipun harganya lebih tinggi daripada CCTV Analog, CCTV IP menawarkan kemudahan penggunaan dan fleksibilitas yang lebih besar dalam pemantauan dan manajemen video keamanan.

3. Wireless CCTV

Wireless CCTV merupakan jenis CCTV rumah yang menghilangkan kebutuhan untuk kabel fisik dalam mentransmisikan video. Kamera wireless terhubung ke jaringan wifi rumah untuk mengirimkan sinyal video. Relatif mudah dipasang dan cocok untuk rumah yang tidak memiliki infrastruktur kabel yang sudah ada. 

Kualitas gambar dan keandalan transmisi video dari cctv wireless dapat bervariasi tergantung pada kekuatan sinyal Wi-Fi, membuatnya lebih cocok untuk aplikasi dalam area pendek hingga menengah. 

4. CCTV Dome

Dome camera merupakan jenis kamera pengawas dengan desain bulat atau setengah bola yang sering digunakan baik di dalam ruangan maupun di luar ruangan. Kamera ini memiliki bentuk fisik yang estetis dan cenderung kurang mencolok, membuatnya cocok untuk pengawasan yang tidak ingin terdeteksi. Dapat dipasang pada dinding atau langit-langit, dan beberapa model dapat diputar secara elektronik atau fisik untuk memantau seluruh area dengan sudut pandang 360 derajat. 

Dome camera umumnya tersedia dalam berbagai resolusi, termasuk HD dan 4K, serta sering dilengkapi dengan fitur-fitur seperti penglihatan malam, perlindungan cuaca, dan kemampuan rotasi, menjadikannya pilihan populer dalam berbagai aplikasi pengawasan.

5. CCTV Pintar

CCTV Pintar adalah jenis smart cameras yang dilengkapi dengan teknologi canggih. Kamera CCTV Pintar memiliki kemampuan pengenalan wajah untuk identifikasi individu, integrasi dengan asisten suara seperti Amazon Alexa atau Google Assistant dan analisis video canggih yang mendeteksi aktivitas mencurigakan seperti gerakan atau suara. 

Menawarkan resolusi tinggi, penglihatan malam yang baik dan kemampuan pemantauan jarak jauh melalui perangkat seluler atau komputer. Pemberitahuan real-time dapat diterima ketika ada aktivitas mencurigakan, dan beberapa model memiliki audio dua arah untuk komunikasi suara. 

Baca juga: Jenis CCTV Rumah Terbaik, Perhatikan Karakteristiknya!

 

Rekomendasi Kamera CCTV Rumah dari Honeywell

Rekomendasi Kamera CCTV Rumah dari Honeywell

Perusahaan Honeywell telah menjadi salah satu produsen security system termasuk CCTV modern yang relevan dengan kebutuhan industri dan perumahan. Melalui distributor Honeywell resmi, pembaca dapat menemukan daftar lengkap rekomendasi pengawas rumah yang dapat disesuaikan dengan skala kebutuhan.

1. Kamera HIB2PI-S3

Kamera HIB2PI-S3 merupakan rekomendasi kamera CCTV rumah yang didesain dengan resolusi tinggi 2MP dan teknologi kompresi H.265. Dilengkapi dengan IR LEDs, kamera ini memiliki jarak pandang IR hingga 50 meter pada malam hari. 

Kamera ini dilengkapi dengan sejumlah fitur kualitas gambar, termasuk True Day/Night (TDN) untuk gambar yang lebih baik di siang dan malam hari, Digital Wide Dynamic Range (DWDR) untuk mengatasi kontras cahaya yang tinggi, serta fitur seperti 3D DNR, HLC, BLC, dan Defog untuk meningkatkan kualitas gambar dalam berbagai situasi.

Memiliki slot kartu microSD built-in yang mendukung hingga 128GB sehingga pengguna dapat menyimpan rekaman video langsung pada perangkat serta mendukung pemantauan melalui perangkat pintar dengan sistem operasi iOS dan Android melalui Honeywell NVR.

2. HED8PR1

Kamera CCTV HED8PR1 Honeywell menawarkan resolusi Ultra HD 4K/8 MP pada kecepatan 15 fps atau 3 MP pada kecepatan 25/30 fps. Mendukung hingga tiga aliran data (triple stream), memungkinkan untuk mengoptimalkan pemantauan sesuai kebutuhan.

Kamera HED8PR1 menampilkan kinerja luar biasa dalam kondisi minim cahaya, dengan kemampuan turun hingga 0 lux dalam mode hitam putih (dengan IR LED aktif). Fitur night vision memiliki jangkauan IR hingga 165 kaki (50 meter) sehingga dapat memantau dengan jelas bahkan dalam situasi gelap. 

Jenis CCTV Honeywell ini telah memenuhi standar ONVIF profile S dan G, yang membuatnya kompatibel dengan berbagai sistem pemantauan. Dengan garansi 5 tahun, dapat menjadi pilihan ideal untuk sistem proteksi rumah.

3. Kamera Compact Micro Dome H2W2PRV3

Kamera compact micro dome H2W2PRV3 merupakan solusi yang handal dan berkualitas tinggi yang menghadirkan kualitas gambar luar biasa serta integrasi sistem yang fleksibel. 

Fitur unggulannya meliputi: 

  • Dilengkapi dengan sensor gambar progresif 2 megapiksel yang menghasilkan gambar berkualitas tinggi dengan detail yang tajam.
  • Memiliki lensa tetap 2.8 mm, yang cocok untuk pemantauan di berbagai lingkungan.
  • Memiliki fitur True Day/Night dengan IR-cut filter, yang memungkinkan kamera untuk beradaptasi dengan perubahan cahaya sepanjang hari. 
  • Memiliki kemampuan rentang dinamis luas hingga 120 dB untuk mengatasi kontras cahaya yang tinggi dan memberikan gambar dengan detail yang lebih baik.
  • Fitur Low Light dengan kemampuan turun hingga 0.01 lux (warna) atau 0 lux dengan IR LED aktif sehingga terus memantau dengan baik bahkan dalam kondisi cahaya yang sangat rendah atau tanpa cahaya sama sekali.
  • Jarak pandang hingga 65 kaki (20 meter), kamera ini dapat memantau dengan jelas bahkan dalam situasi minim cahaya atau malam hari. 

4. Kamera CCTV CAHBC720PI60V Honeywell

Kamera CCTV CAHBC720PI60V dari Honeywell adalah solusi untuk aplikasi pengawasan HD kecil hingga menengah seperti hotel, toko rantai, kantor komersial, rumah sakit, area perumahan, gudang dan fasilitas pendidikan.

Keunggulannya:

  • Menawarkan resolusi ultra tinggi 720P (1280H x 960V), memastikan bahwa Anda dapat mendapatkan gambar yang jelas dan tajam.
  • Dilengkapi dengan fitur keluaran hibrida, yang memungkinkan Anda untuk memilih antara definisi CVBS (960H) dan AHD (720P) melalui pengaturan OSD. 
  • Dilengkapi IR LED, kamera ini memiliki fitur night vision yang kuat dengan jarak hingga 60 meter. 
  • Memiliki fitur True Day/Night (TDN) dengan IR-cut filter, yang memungkinkan adaptasi dengan perubahan cahaya sepanjang hari. Fitur-fitur lain seperti Auto White Balance (AWB) dan Automatic Gain Control (AGC) membantu memastikan gambar yang seimbang dan berkualitas.
  • Sensor Sony Exmor 960P 1/2.8, menawarkan kualitas gambar yang baik dengan sensitivitas tinggi terhadap cahaya.
  • Dilengkapi dengan lensa 2 megapiksel yang dapat disesuaikan dengan jangkauan zoom 2.8-12mm. 

5. HABC-1005PI

Kamera HABC-1005PI merupakan solusi efektif untuk aplikasi luar ruangan. Selain fitur lengkap dan canggih, kamera ini juga merupakan pilihan murah untuk meningkatkan sistem analog ke pengawasan definisi tinggi. 

Keunggulan yang ditawarkan kamera pengawas rumah dari tipe HABC-1005PI adalah:

  • Resolusi tinggi 720P, yang menghasilkan gambar dengan kualitas yang baik. 
  • Memiliki sensor CMOS 1/4" sehingga kamera bekerja dengan sensitivitas tinggi terhadap cahaya.
  • Memiliki lensa built-in 3.6mm dengan sudut pandang yang cocok untuk berbagai situasi pemantauan.
  • Dilengkapi 24 LED IR dengan jarak hingga 20 meter, tergantung pada reflektansi objek yang dipantau.
  • Fitur True Day/Night (TDN) untuk operasi selama 24 jam.

6. HBW4PER2

Honeywell menghadirkan kualitas dan keandalan pengawasan ke level berikutnya dengan jajaran Seri Performance baru mereka, termasuk kamera Ultra HD IP 8MP (4K), kamera IP 4MP, kamera IP PTZ 4MP / 1080p, kamera fisheye 5MP dan kamera HD IP. Salah satu seri yang menjadi rekomendasi CCTV terbaik untuk sistem keamanan rumah adalah HBW4PER2.

Keunggulan yang ditawarkan berupa:

  • Kamera HBW4PER2 Honeywell adalah salah satu dari seri ini yang menawarkan resolusi Ultra HD 8MP (4K), menghasilkan gambar dengan detail yang sangat tinggi.
  • Dilengkapi dengan teknologi Either True WDR (120 dB) atau Digital WDR (DWDR) yang memastikan gambar bebas silau, memungkinkan kamera untuk menangani perbedaan cahaya yang ekstrem, seperti situasi dengan kontras tinggi.
  • Fitur True Day/Night, menghasilkan gambar berwarna yang hidup pada siang hari dan gambar hitam-putih yang jelas pada malam hari dengan menggunakan filter IR yang dapat dilepas. 
  • Kinerja Low-Light yang unggul, dengan fitur 2D/3D noise reduction yang membantu menghemat penyimpanan dan bandwidth bersamaan dengan codec H.264/H.265 Profile.

7. CCTV Rumah Honeywell Seri HBL2R1

Kamera HBL2R1 Honeywell adalah salah satu dari seri Performance AHD yang dirancang khusus untuk aplikasi pengawasan dengan skala kecil hingga menengah, dan ditawarkan dengan harga yang sangat hemat. Dengan resolusi 1080P HD Analog, kamera ini menyediakan gambar berdefinisi tinggi dengan ketajaman 1080P (1920x1280). 

Karakteristik utamanya adalah:

  • Menawarkan resolusi 1080P HD Analog, yang menghasilkan gambar dengan kualitas tinggi dan detail tajam.
  • Dilengkapi sensor CMOS Progressive Scan 2 Megapiksel 1/2.7" untuk pemantauan berkualitas tinggi dengan sensitivitas yang baik terhadap cahaya.
  • Memiliki lensa tetap IR untuk memantau dengan jelas bahkan dalam kondisi minim cahaya. Minimum Illumination-nya adalah 0 Lux ketika IR aktif, sehingga bekerja dengan baik bahkan dalam kegelapan total.
  • Merupakan salah satu kamera dengan dengan fitur True Day/Night (TDN) yang handal.
  • Memiliki jarak penglihatan IR hingga 20 meter.
  • Memiliki output AHD/CVBS, memungkinkan pengguna untuk mengintegrasikannya dengan berbagai perangkat lain.
  • Memiliki rating perlindungan IP66, menjadikannya sebagai smart outdoor cameras yang tahan terhadap elemen lingkungan seperti air dan debu. 

8. Kamera Dome Analog HD 1080P HEL2R1

Rekomendasi CCTV untuk rumah dari seri ini merupakan salah satu pilihan ekonomis dengan harga yang relatif terjangkau. Keunggulan yang ditawarkan berupa:

  • Resolusi 1080P HD Analog.
  • Sensor CMOS Progressive Scan 2 Megapiksel 1/2.7", sehingga menghasilkan gambar berkualitas tinggi dengan sensitivitas yang baik terhadap cahaya.
  • Dilengkapi dengan lensa tetap IR dome sehingga dapat memantau dengan baik dalam kondisi minim cahaya. Minimum Illumination-nya adalah 0 Lux ketika IR aktif sehingga berfungsi baik dalam kegelapan total.
  • Memiliki fitur True Day/Night (TDN) dengan IR-Cut filter untuk menghasilkan gambar berwarna yang tajam pada siang hari dan gambar hitam-putih yang jelas pada malam hari.
  • Dilengkapi dengan fitur Automatic Gain Control (AGC) dan Digital Wide Dynamic Range (DWDR), kamera ini memastikan gambar yang seimbang dan berkualitas bahkan dalam situasi dengan kontras tinggi.
  • Dilengkapi dengan 18 LED IR dengan jarak penglihatan IR hingga 20 meter.
  • Tersedia output AHD/CVBS untuk mengintegrasikannya dengan berbagai perangkat lain.

 

Tips Memilih CCTV Rumah yang Ideal

Jika tujuan anda adalah menemukan kamera pengawas untuk sistem rumah pintar maka jenis konvensional tidak lagi direkomendasikan. Keterbatasan fitur adalah alasan utamanya. Beralih pada kamera CCTV yang dirancang dengan pendekatan teknologi terkini memungkinkan tercapainya sistem smart home. 

Dalam memilih kamera CCTV rumah, perlu pertimbangkan hal-hal berikut:

  1. Pertama-tama, pertimbangkan apa yang ingin dicapai dengan CCTV. Apakah anda ingin memantau pintu depan, halaman belakang, atau seluruh rumah? Apakah anda ingin rekaman video atau pemantauan secara langsung? 
  2. Pilih CCTV dengan resolusi tinggi, seperti HD (720p) atau Full HD (1080p). Resolusi yang lebih tinggi akan memberikan gambar yang lebih jelas dan lebih detail, yang penting untuk identifikasi yang lebih baik.
  3. Pastikan CCTV yang anda pilih dapat diakses dan dipantau melalui smartphone atau tablet Anda. hal ini memungkinkan anda untuk memantau rumah dari jauh dan menerima pemberitahuan jika terjadi aktivitas yang mencurigakan.
  4. CCTV yang baik harus memiliki kemampuan penglihatan malam atau night vision yang baik. Pilih yang dilengkapi dengan lampu IR (infrared) atau teknologi "starlight" untuk mendapatkan gambar yang baik bahkan dalam kondisi minim cahaya.
  5. Tentukan lokasi yang strategis untuk pemasangan CCTV. Tempatkan kamera-kamera ini pada titik-titik masuk, area parkir, atau area yang sering dilewati oleh orang asing. Pastikan juga mereka dilindungi dari cuaca.
  6. Pertimbangkan bagaimana anda akan menyimpan dan mengelola data yang dihasilkan oleh CCTV. Anda dapat memilih untuk menyimpan rekaman di perangkat penyimpanan lokal, server cloud, atau keduanya. Pastikan memiliki retensi data yang cukup lama.
  7. Pastikan CCTV dapat terintegrasi dengan sistem smart home yang lain seperti sistem keamanan, alarm dan pencahayaan otomatis. Ini memungkinkan untuk mengontrol semua perangkat dari satu platform.
  8. Pastikan bahwa sistem CCTV sistem keamanan yang kuat untuk melindungi data dari akses yang tidak sah. Hal ini termasuk enkripsi data, kata sandi yang kuat, dan pembaruan perangkat lunak teratur.
  9. Pertimbangkan biaya total kepemilikan selama masa pakai sistem CCTV, termasuk biaya perangkat keras, biaya layanan cloud (jika ada) dan biaya pemeliharaan. 
  10. Memilih CCTV rumah dari brand ternama dan membelinya dari distributor resmi. Hal ini untuk memastikan anda mendapatkan produk asli dengan garansi yang diperlukan.

Untuk kebutuhan yang lebih spesifik, pengguna dapat mengkonsultasikan kebutuhan kepada ahli dan distributor CCTV resmi agar mendapatkan rekomendasi CCTV rumah yang sesuai dengan skala yang diinginkan. 

Read Next

Alasan Mengapa Perumahan Perlu Kamera CCTV Perumahan
May 20, 2024
Apa sebenarnya pentingnya menggunakan CCTV untuk perumahan? Kami akan membahas lebih dalam tentang alasan yang perlu diketahui dari mengapa perumahan perlu CCTV
Mengenal Apa Itu Teknologi Pengenalan Wajah dan Cara Kerjanya
May 20, 2024
Ada beragam teknologi keamanan, dari yang awalnya menggunakan CCTV, teknologi biometrik seperti sidik jari, bahkan sekarang terdapat teknologi pengenalan wajah.
Memahami Photoelectric Smoke Detector dan Cara Kerjanya
May 17, 2024
Artikel ini akan membahas hal-hal yang perlu Anda ketahui tentang photoelectric smoke detector. Jadi, baca artikel ini selengkapnya hingga selesai.
Cara Instalasi Fire Alarm Addressable Berdasarkan Standar NFPA
May 17, 2024
Instalasi fire alarm tidak hanya merupakan persyaratan hukum, tetapi juga penting dalam meminimalkan risiko kebakaran dan melindungi nyawa serta properti.
Tingkatkan Keamanan Bangunan dengan Sensor Fire Alarm Berkualitas
May 16, 2024
Dalam upaya mengantisipasi bahaya kebakaran, penggunaan sensor fire alarm menjadi langkah yang tak terelakkan. Simak mengenai sensor fire alarm di sini!
Honeywell Fire Alarm, Perlindungan Proaktif dari Kebakaran
May 16, 2024
Honeywell Fire Alarm adalah salah satu merek ternama yang menawarkan sistem alarm kebakaran canggih untuk berbagai jenis bangunan, seperti rumah dan kantor.