Mengenal Konsep Green Building untuk Mencegah Global Warming

Posted on Jan 19, 2024

Konsep green building di Indonesia telah menjadi tren dalam beberapa tahun terakhir, terutama sejak bumi menghadapi tantangan pemanasan global.


Terkait dengan kerusakan lingkungan yang semakin meningkat, masyarakat kini mengembangkan ide-ide baru untuk menjaganya. Perubahan iklim menjadi isu global yang terus dibahas, dengan tujuan melibatkan semua pihak dalam usaha menjaga kelestarian alam.

Sebagai bagian dari upaya tersebut, berbagai inovasi muncul untuk memperbaiki kondisi bumi, salah satunya melalui konsep pembangunan gedung dan rumah yang ramah lingkungan. Inovasi ini dikenal dengan sebutan green building.

Mengenal Konsep Green Building untuk Mencegah Global Warming

Key Takeaways

  • Green building adalah konsep bangunan ramah lingkungan, yang muncul sebagai ide untuk mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan akibat pembangunan gedung.
  • Green building dapat bermanfaat dalam menghemat air, menekan biaya operasional, hingga tahan lama.

Green building di Indonesia telah menjadi tren dalam beberapa tahun terakhir, terutama sejak bumi menghadapi tantangan pemanasan global. Green building muncul sebagai solusi untuk membangun rumah atau gedung dengan dampak lingkungan yang lebih positif.

 

Apa itu Green Building atau Bangunan Hijau?

Konsep bangunan hijau atau green building adalah konsep bangunan ramah lingkungan, yang muncul sebagai ide untuk mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan yang bisa diakibatkan oleh pembangunan gedung.

Dalam pelaksanaannya, konsep green building berfokus pada penggunaan sumber daya alam yang ada, dengan upaya meminimalkan penggunaan bahan buatan manusia. Proses pembangunan gedung hijau melibatkan kontribusi penting dari arsitek dan kontraktor.

Beberapa kriteria penting yang harus dipenuhi dalam mendirikan bangunan hijau melibatkan penggunaan air dan sumber daya alam secara efisien, pemanfaatan energi terbarukan, serta upaya pengurangan polusi dan limbah, yang mana nantinya mendapatkan sertifikasi bangunan hijau.

 

Keunggulan Green Building

Konsep bangunan green building memiliki peran penting dalam perubahan menuju lingkungan yang lebih berkelanjutan. Umumnya, konsep bangunan hijau dianggap memiliki keunggulan dan manfaat yang besar dalam hal pelestarian lingkungan.

Ide green building merupakan solusi yang baik untuk menghemat sumber daya dan melindungi lingkungan. Berbeda dengan praktik pembangunan biasa yang menggunakan dan membuang jutaan ton bahan setiap tahun, bangunan hijau menggunakan sumber daya dengan lebih efisien, mengurangi limbah, dan mengurangi emisi karbon.

Dalam perkembangannya, green building juga dikembangkan untuk memastikan bahwa rumah atau gedung yang dibangun memberikan dampak positif pada lingkungan sekitarnya. Ini bisa melibatkan penggunaan sinar matahari guna mengurangi konsumsi listrik atau pemasangan panel surya sebagai sumber energi alternatif.

 

Manfaat Green Building

Manfaat Green BuildingAda beberapa manfaat green building yang dapat dirasakan, antara lain:

1. Menghemat Penggunaan Air

Green building didesain sejak awal dengan tujuan memaksimalkan pemanfaatan sumber daya yang ada, termasuk penggunaan bahan bangunan yang efisien, terutama dalam hal penggunaan air.

Dalam bangunan hijau yang ramah lingkungan, manajemen sumber air biasanya lebih efisien. Sebagai contoh, toilet dengan sistem vakum pada bangunan hijau dapat menghemat lebih banyak air dibandingkan toilet pada bangunan konvensional yang kurang ramah lingkungan. Dengan demikian, hal ini menjadi salah satu langkah positif dalam pelestarian lingkungan.

2. Mengurangi Biaya Operasional

Salah satu manfaat utama konsep bangunan hijau adalah pengurangan biaya operasional. Bangunan tanpa konsep hijau cenderung memerlukan biaya pemeliharaan yang lebih tinggi dan memerlukan waktu yang lebih lama.

Ketika rumah atau gedung dibangun dengan konsep ramah lingkungan, ada dorongan untuk mengurangi penggunaan energi, khususnya pada peralatan yang menggunakan listrik. Banyak green building juga memanfaatkan panel surya untuk mengurangi ketergantungan pada listrik dari sumber lain. Dengan demikian, secara teknis, Anda bisa menghemat lebih dari 10% biaya operasional setiap harinya, terutama terkait dengan penggunaan listrik.

Keberadaan panel surya tidak hanya mengurangi tagihan listrik bangunan Anda, tetapi juga memiliki dampak besar pada penghematan biaya operasional secara keseluruhan.

3. Mengurangi Jejak Karbon

Keuntungan lainnya adalah mengurangi jejak karbon yang memiliki dampak besar pada lingkungan. Kandungan karbon di bumi dapat menyebabkan kerusakan serius, seperti pemanasan global.

Konsep bangunan hijau dirancang untuk meminimalkan dampak ini. Dengan mengurangi emisi karbon yang dapat merugikan bumi, adopsi konsep bangunan hijau membantu mengurangi potensi kerusakan pada atmosfer dan lingkungan di bumi secara keseluruhan. Ini adalah langkah positif untuk menjaga keseimbangan ekologi dan mengurangi dampak negatif terhadap iklim global.

4. Meningkatkan Kualitas Hidup dan Kualitas Udara

Salah satu manfaat yang sangat terasa dari konsep green building adalah menciptakan suasana dan lingkungan yang lebih sehat. Umumnya, bangunan green building didesain dengan ruang terbuka dan elemen hijau, yang berkontribusi pada kualitas udara yang lebih baik dan sehat.

Lebih dari itu, bangunan hijau juga memberikan kenyamanan dan dukungan kesehatan bagi para penghuninya. Misalnya, konsep bangunan hijau menyediakan akses sinar matahari yang baik untuk tubuh serta memastikan sirkulasi udara yang optimal. Hal ini membantu menciptakan lingkungan tempat tinggal atau bekerja yang mendukung kesejahteraan dan kesehatan Anda secara keseluruhan.

5. Pembangunan Gedung Adaptif dan Bahan Bangunan yang Tahan Lama

Manfaat lain dari green building adalah kemampuannya untuk beradaptasi dengan perubahan, karena dibangun dengan konsep yang fleksibel dan bisa berkembang seiring waktu. Konsep rumah tumbuh ini memungkinkan bangunan green building memiliki daya tahan yang lebih baik dan dapat bertahan lebih lama, karena bisa menyesuaikan diri dengan kebutuhan yang berkembang seiring berjalannya waktu.

Baca juga: Mengenal Konsep Green Building untuk Mencegah Global Warming

 

Bangun Gedung Berkonsep Green Building dengan Panel Tenaga Surya

Instalasi panel solar untuk keberhasilan sistem otomatisasi gedung merupakan proses kolektif yang melibatkan proses integrasi berbagai utilitas gedung yang menggunakan energi listrik tersebut. Dalam hal ini, MBS menyediakan solusi lengkap mulai dari produk hingga maintenance.

Read Next

Memahami Pengertian Logistik dalam Supply Chain
Feb 22, 2024
Dalam rantai pasokan (supply chain), pengertian logistik merujuk pada manajemen distribusi barang dan jasa dari titik produsen ke titik konsumen akhir.
Efisiensi Biaya Logistik adalah Strategi Supply Chain
Feb 21, 2024
Biaya logistik adalah semua jenis biaya yang dikeluarkan dalam proses pengadaan, perpindahan dan distribusi barang/material dalam sistem supply chain.
Jenis dan Cara Mengoptimalkan Solar Panel Efficiency
Jan 31, 2024
Artikel ini akan membahas tentang apa itu solar panel efficiency, jenis-jenisnya, cara mengoptimalkan, hingga faktor yang memengaruhi efisiensi panel surya.
Mengenal Jenis dan Tips Pemasangan Solar Panel System
Jan 29, 2024
Jika Anda tertarik pasang solar panel system di rumah maupun gedung bangunan, berikut informasi yang perlu diperhatikan. Simak artikel ini hingga tuntas!
Strategi Pengembangan Pasar: Pengertian, Tahapan, dan Tantangannya
Jan 29, 2024
Strategi pengembangan pasar menjadi cara yang banyak digunakan perusahaan terkemuka dunia. Cari tahu lebih jauh mengenai market development strategy di sini.
Cold Chain Logistics: Pengertian, Proses, dan Manfaatnya
Jan 27, 2024
Simak pembahasan lebih lanjut di bawah ini mengenai apa itu cold chain logistics hingga bagaimana perusahaan mengintegrasikan cold chain logistics.