Mengenali Perbedaan Antara Kamera CCTV Analog Dengan IPC (Internet Protocol Camera)

Posted on Jan 16, 2023

Kamera pengawas menjadi salah satu alat keamanan yang cukup banyak digunakan, baik di tempat umum maupun rumah pribadi.


Kamera pengawas menjadi salah satu alat keamanan yang cukup banyak digunakan, baik di tempat umum maupun rumah pribadi. Sebelum melanjutkan, Anda harus terlebih dahulu memahami bahwa CCTV bukan hanya tentang keamanan. Selain keamanan, CCTV dapat menjadi bagian penting dalam menciptakan gaya hidup yang aman dan nyaman. Jadi, memilih untuk menggunakan CCTV di rumah jelas tidak ada salahnya, karena sistem teknologi kameranya yang berfungsi untuk melakukan pengawasan.

Honeywell Indonesia

Seiring berjalannya waktu, penggunaan kamera pengawas CCTV tidak lagi terbatas pada bisnis atau tempat umum. Saat ini, di dalam rumah pun sudah menjadi kebiasaan bagi pemilik rumah untuk menggunakan kamera pengawas CCTV yang tentunya menggunakan kamera pengawas CCTV yang memiliki spesifikasi yang berbeda dengan dunia industri. Kamera pengawas CCTV telah menjadi alat yang andal untuk melindungi orang-orang tersayang tanpa membatasi ruang dan waktu, mulai dari memantau aktivitas anak-anak di rumah hingga memantau orang tua lanjut usia hingga memantau hewan kesayangan.

Ada dua jenis kamera pengawas yang banyak dikenal saat ini, yakni IP Camera dan CCTV. Meski keduanya sama-sama berperan sebagai kamera pengawas, namun terdapat beberapa perbedaan antara kamera CCTV analog dengan kamera IP ini.

Kamera Analog CCTV

Closed-Circuit Television, atau singkatnya CCTV, didasarkan pada sinyal analog. Sinyal analog digunakan untuk mengirimkan video dari satu atau lebih kamera ke perangkat penerima (receiver). Kamera CCTV analog merekam gambar dan mengirimkannya ke perekam video digital (DVR) melalui kabel koaksial. DVR kemudian mengubah video dari analog ke digital, memampatkan data dan menyimpannya dalam hard drive.

Hikvision Indonesia

Secara biaya, kamera CCTV analog jelas lebih murah apabila dibandingkan dengan IP camera. DVR pendukung CCTV analog tersebut juga lebih mudah dipasang dan membutuhkan bandwidth yang lebih rendah. Hal ini disebabkan karena transmisi Video dilakukan dengan menggunakan DVR dan kabel koaksial, bukan menggunakan LAN. Namun, segi negatifnya adalah bahwa kamera CCTV jenis Analog ini membutuhkan banyak kabel-kabel pendukung, belum lagi jika kamera yang digunakan dan dipasang berjumlah cukup banyak.

Distributor Honeywell Indonesia

Keuntungan sistem kamera analog diantaranya:

  1. Tidak membutuhkan pengetahuan yang rumit untuk dapat mempelajarinya
  2. Variasi produk kamera, DVR dan perangkat pendukung lainnya sangat banyak.
  3. Harganya lebih murah dibandingkan dengan camera IP
  4. Konfigurasi dan pengaturan perangkat lebih mudah.
  5. Kualitas gambar sangat bagus dan pergerakan objek terlihat nyata
  6. Rambatan video bisa lebih jauh, karena kabelnya bisa lebih panjang.
  7. Harga DVR (alat perekam) semakin murah.

IPC (Internet Protocol Camera)

Tidak seperti CCTV analog, kamera IP menggunakan koneksi Internet untuk mengirimkan gambar yang diambil. Namanya sendiri merupakan singkatan dari "Internet Protocol camera". IP camera tidak memerlukan DVR sebagaimana CCTV. Sebagai gantinya, IP camera membutuhkan perangkat bernama switch yang disambungkan ke network video recording (NVR), Di NVR terdapat program software yang merekam video, mengubahnya menjadi format digital, lalu menyimpannya ke dalam perangkat penyimpanan, seperti hard drive.

CCTV Honeywell

Berbeda dengan kamera CCTV analog yang hanya dapat dilihat pada layar berbasis sinyal analog, kamera IP dapat diakses melalui perangkat yang terhubung ke internet seperti smartphone atau laptop. Rekaman video dapat diakses dengan mengunduh software khusus. Resolusi gambar yang dihasilkan kamera IP bisa jauh lebih tinggi dari CCTV analog, mencapai Full HD (1080p) atau bahkan 4K. Pengguna juga bisa mengatur resolusi video hingga resolusi terendah, misalnya 720x480, serupa CCTV analog, untuk menghemat bandwidth.

Kamera IP memiliki bidang pandang yang relatif lebih luas daripada kamera CCTV analog. Oleh karena itu, kamera tidak perlu dipasang di area yang cukup luas. Selain itu juga, dikarenakan tidak menggunakan kabel sebagaimana CCTV analog, IP camera menjadi lebih ringkas. Pengguna hanya membutuhkan kabel LAN Cat 5 atau 6. Namun, saat ini sudah ada juga kamera IP nirkabel atau wireless.

Distributor CCTV

Sebelum memasang kamera IP, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Khususnya ketersediaan jaringan internet dengan bandwidth yang cukup besar. Jika pengguna tidak memiliki koneksi Internet, biaya pemasangan kamera IP mungkin lebih tinggi pada awalnya. Selain itu, dibutuhkan perangkat penyimpanan dengan kapasitas lebih besar mengingat resolusi videonya bisa cukup tinggi.

Keuntungan kamera IP dibandingkan CCTV analog:

Instalasi kabel lebih sedikit dan ringkas Biaya kabel, konektor, dan bahan pendukung lainnya bisa lebih rendah Lebih tahan terhadap noise dan interferensi Jika akan ditransmisikan secara wireless, maka wireless IP Camera lebih aman dari penyadapan dibandingkan Kamera analog Lebih sedikit perangkat yang diperlukan untuk mengintegrasikan sistem Teknologi TCP/IP terus berkembang pesat, sehingga fitur-fitur dapat ditingkatkan untuk masa mendatang

Perbandingan Diantara Kamera Analog CCTV dan IPC (Internet Protocol Camera)

Dari segi kualitas gambar, kamera IP memiliki kualitas yang lebih baik dibandingkan dengan CCTV analog standar. Bahkan bisa dikatakan kualitas gambar CCTV terbaik masih kalah dengan kualitas kamera IP terendah. Dari segi analisa video, tidak seperti CCTV yang hanya menyimpan hasil rekaman selama beberapa saat saja, IP cam mampu menyimpan hasil rekaman lebih lama sehingga proses analisa video lebih mudah dilakukan.

Distributor CCTV Hikvision

Sedangkan untuk gambar yang terekam CCTV analog ini sering melakukan kesalahan dalam menggabungkan warna, terkadang warna tercampur antara hitam dan putih. Kesalahan warna ini juga terlihat jelas pada hasil rekaman. Bahkan kamera analog terbaik pun tidak memiliki hasil video yang sesuai dengan hasil kamera IP terendah. Hal ini dikarenakan resolusi yang digunakan kamera IP lebih baik dibandingkan dengan kamera analog. Selain itu, kamera IP dapat merekam gambar yang lebih luas daripada kamera analog. Satu kamera IP dapat menangkap gambar yang sama dengan 1-2 CCTV analog.

Kemudian dari segi efisiensi, IP cam jauh lebih efisien dari CCTV analog. Banyak perangkat keras dan kabel yang harus diatur jika pengguna memilih untuk menggunakan CCTV analog. Banyak peralatan dan kabel jika memilih CCTV analog. Belum lagi pengaturan yang sulit antara DVR dan semua kamera dan monitor yang terhubung. Berbeda dengan IP cam, yang hanya perlu disetel switch yang nantinya akan langsung ditransfer ke Network Video Recorder. Dengan begitu, IP cam menjadi lebih simpel dan ringkas.

Sistem kamera CCTV analog dan kamera IP biasanya menawarkan manfaat akses jarak jauh dan akses melalui tablet dan telepon pintar. Namun, kamera IP biasanya memiliki fitur yang lebih luas daripada sistem kamera CCTV analog.

CCTV Hikvision

Tentunya masih banyak sekali teknologi security system yang harus Anda miliki untuk memenuhi keamanan bisnis Anda dari hal-hal negatif yang tidak diinginkan. Dan masih banyak pula produk kami yang harus Anda ketahui. Jadi mari bergabung bersama kami untuk mewujudkan sistem keamanan terbaik bagi perusahaan Anda.

PT. Media Bersama Sukses adalah perusahaan yang bergerak di bidang Security System Technology. Kami telah merintis dan memantapkan usaha sebagai penyedia dan distributor produk teknologi keamanan yang berkualitas seperti CCTV dan Access Control dari brand-brand ZKTeco, SPC Indonesia, Honeywell Indonesia dan Hikvision

MBS CCTV menjalin komunikasi dengan pelanggan secara dekat untuk memahami tujuan dan tantangan mereka. Kami memposisikan diri sebagai mitra bisnis untuk kesuksesan setiap klien dengan menyediakan solusi sistem keamanan terbaik. Secara konsisten memperkenalkan teknologi baru dan memperbarui solusi untuk beradaptasi dengan kebutuhan klien yang berubah dan dinamika pasar. Tujuan MBS CCTV adalah menjamin keamanan terbaik untuk membantu klien mencapai tujuan bisnis mereka.

Kamera CCTV Honeywell

Bersama MBS CCTV, kami akan membantu memenuhi kebutuhan teknologi sistem keamanan anda secara profesional karena kami merupakan perusahaan yang bergerak di bidang teknologi sistem keamanan serta merupakan distributor resmi produk kamera CCTV, access control, fire alarm dan lain sebagainya dari brand-brand ternama dan terpercaya seperti Honeywell Indonesia, Hikvision Indonesia, SPC Indonesia, ZKTeco Indonesia dan brand-brand lainnya.

Distributor Notifier & Morley

Dengan berbagai pengalaman dan proyek besar yang kami kerjakan, MBS CCTV layak Anda jadikan sebagai solusi terbaik untuk sistem keamanan perusahaan Anda.

Hubungi kami!
(031) 591-4700 / (031) 593-9337
marketing@mbscctv.com
https://www.mbscctv.com/

Kunjungi kami!
Jalan Dharmahusada Utara No.22 Surabaya 60285, Indonesia

Read Next

Kelebihan Panel Surya Dibandingkan Listrik Konvensional
Mar 06, 2024
Terdapat banyak kelebihan panel surya dibandingkan tenaga listrik berbasis fosil. Salah satunya adalah sebagai sumber energi bersih dan terbarukan.
Jenis Panel Surya Rekomendasi Terbaik 2024
Mar 05, 2024
Jenis panel surya yang paling umum dikenal secara konvensional adalah solar panel monocrystalline dan polycrystalline. Simak selengkapnya pada artikel berikut!
Perbandingan Antara On-Grid Solar Panel dengan Off-grid
Mar 04, 2024
On-grid solar panel dikenal juga sebagai grid-tied solar panels or grid-connected solar panels. Cari tahu selengkapnya pada artikel berikut ini!
Monocrystalline Solar Panel untuk Estetika Bangunan
Mar 02, 2024
Monocrystalline solar panel adalah jenis modul fotovoltaik yang terbuat dari struktur kristal tunggal dari material silikon. Simak kelebihan dan kekurangannya!
Pemasangan dan Instalasi Atap Panel Surya
Mar 01, 2024
Dalam sistem Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Atap, instalasi komponen atap panel surya perlu memperhatikan persyaratan administrasi dan teknis.
Memahami Pengertian Logistik dalam Supply Chain
Feb 22, 2024
Dalam rantai pasokan (supply chain), pengertian logistik merujuk pada manajemen distribusi barang dan jasa dari titik produsen ke titik konsumen akhir.