Perbandingan Antara On-Grid Solar Panel dengan Off-grid

Posted on Mar 04, 2024

On-grid solar panel dikenal juga sebagai grid-tied solar panels or grid-connected solar panels. Cari tahu selengkapnya pada artikel berikut ini!


On-grid solar panel dikenal juga sebagai grid-tied solar panels or grid-connected solar panels. Merupakan jenis sistem fotovoltaik (PV) surya yang terhubung dengan jaringan listrik lokal. Sistem ini memungkinkan pengguna untuk menghasilkan listrik dari sinar matahari menggunakan panel surya dan mengalirkan kelebihan daya kembali ke jaringan.

Perbandingan Antara On-Grid Solar Panel dengan Off-grid

Key takeaways:

  • Sistem on-grid umum digunakan di perkotaan di mana jaringan dapat diandalkan dan net metering tersedia. 
  • Sistem off-grid umumnya digunakan di daerah pedesaan atau terpencil di mana koneksi ke jaringan tidak praktis atau tidak tersedia untuk memberikan kemandirian dalam hal pasokan listrik.

 

Prinsip Kerja Sistem On-grid

Prinsip kerja panel surya on-grid dalam sistem PLTS (Pembangkit Listrik Tenaga Surya) melibatkan konversi sinar matahari menjadi listrik melalui teknologi fotovoltaik (PV) dan integrasi sistem surya dengan jaringan listrik. 

  1. Panel surya on-grid terdiri dari modul surya, yang terdiri dari sel surya individu. Sel surya ini umumnya terbuat dari silikon dan memiliki sifat semikonduktor. Ketika sinar matahari mengenai sel surya, itu menghasilkan eksitasi elektron dalam sel, menciptakan aliran listrik arus searah (DC).
  2. Konversi DC menjadi AC. karena listrik DC yang dihasilkan oleh panel surya tidak dapat langsung digunakan oleh sebagian besar peralatan rumah tangga, karena mereka membutuhkan listrik arus bolak-balik (AC). Untuk mengonversi listrik DC menjadi listrik AC, digunakan inverter.
  3. Koneksi ke Jaringan. Setelah listrik DC dikonversi menjadi listrik AC, itu terhubung ke jaringan listrik melalui meteran bi-direksional. Meteran memberikan pengukuran baik energi listrik yang dikonsumsi dari jaringan maupun kelebihan energi listrik yang dikembalikan ke jaringan.
  4. Konsumsi listrik. Listrik AC yang dihasilkan oleh panel surya digunakan untuk memasok arus listrik konsumen seperti lampu, peralatan, dan elektronik. Kelebihan listrik yang tidak langsung dikonsumsi oleh beban dialirkan kembali ke jaringan.
  5. Net metering. Sistem surya on-grid sering menggunakan net metering. Ketika sistem surya menghasilkan lebih banyak listrik daripada yang dikonsumsi, daya berlebih tersebut dikembalikan ke jaringan melalui meteran bi-direksional. Kelebihan listrik ini dikreditkan ke tagihan listrik pemilik, meniadakan listrik yang dikonsumsi dari jaringan selama produksi surya tidak mencukupi.

Dalam sistem ini, pada saat sistem surya tidak menghasilkan cukup daya untuk memenuhi permintaan maka daya listrik ditarik dari jaringan untuk memastikan pasokan sumber daya yang kontinu dan dapat diandalkan. Jaringan efektif bertindak sebagai sumber cadangan listrik, melengkapi kebutuhan energi bangunan.

Baca juga: Pemasangan dan Instalasi Atap Panel Surya

 

Solar Panel On-Grid Vs Off-Grid

Solar Panel On-Grid Vs Off-Grid

Perbedaan utama antara sistem on-grid dan off-grid terletak pada koneksi ke jaringan listrik dan kemampuan untuk beroperasi secara independen. 

  • Sistem on-grid terhubung ke jaringan listrik lokal. Jenis ini mengalirkan kelebihan listrik kembali ke jaringan dan menarik listrik dari jaringan ketika produksi surya tidak mencukupi. Koneksi ini memastikan pasokan listrik yang dapat diandalkan dan memungkinkan untuk net metering, di mana kelebihan listrik dapat dikreditkan ke tagihan listrik pemiliknya. 
  • sistem off-grid, di sisi lain, tidak terhubung ke jaringan. Jenis ini beroperasi secara independen sehingga lebih umum digunakan di daerah terpencil dan pada lokasi di mana koneksi jaringan tidak tersedia.
  • Sistem on-grid bergantung pada jaringan untuk memenuhi kebutuhan listrik saat produksi surya rendah. Selama pemadaman atau perawatan jaringan, sistem on-grid tidak dapat menyediakan daya secara independen. 
  • Sistem off-grid, bagaimanapun, dirancang untuk beroperasi secara otonom dan menyimpan kelebihan listrik dalam baterai untuk digunakan selama periode produksi surya rendah atau tidak tersedia. Hal ini memungkinkan untuk kemandirian energi dan kemampuan untuk mempertahankan pasokan listrik bahkan ketika jaringan tidak tersedia.
  • Sistem panel solar on-grid umumnya tidak memerlukan baterai storage karena kelebihan listrik disalurkan kembali ke jaringan. Jaringan efektif bertindak sebagai sistem penyimpanan virtual. 
  • Sistem panel solar off-grid menggunakan baterai storage untuk menyimpan kelebihan listrik yang dihasilkan selama produksi surya puncak. Baterai ini digunakan untuk memasok beban listrik selama waktu ketika produksi surya tidak mencukupi, seperti pada malam hari atau saat cuaca berawan.
  • Panel surya on-grid biasanya dirancang untuk memenuhi sebagian dari kebutuhan listrik properti. Ukuran sistem disesuaikan dengan ruang yang tersedia, konsumsi energi dan anggaran. 
  • Sistem panel surya off-grid perlu dirancang untuk memenuhi seluruh permintaan listrik properti karena mereka tidak terhubung ke jaringan. Hal ini membutuhkan ukuran sistem yang lebih besar, lebih banyak panel surya, dan seringkali penyertaan penyimpanan baterai untuk pasokan listrik yang dapat diandalkan.
  • On-grid panel cenderung lebih hemat biaya dibandingkan dengan sistem off-grid.

Pilihan antara on-grid solar panel dan off-grid bergantung pada faktor seperti ketersediaan jaringan listrik, kebutuhan energi, anggaran dan tingkat kemandirian energi yang diinginkan. Wawasan tentang solar panel serta produk terkait dapat diperoleh di MBS yang merupakan distributor solar panel dari brand internasional. Klik link ini!

Baca juga: Monocrystalline Solar Panel untuk Estetika Bangunan

Read Next

Kelebihan Panel Surya Dibandingkan Listrik Konvensional
Mar 06, 2024
Terdapat banyak kelebihan panel surya dibandingkan tenaga listrik berbasis fosil. Salah satunya adalah sebagai sumber energi bersih dan terbarukan.
Jenis Panel Surya Rekomendasi Terbaik 2024
Mar 05, 2024
Jenis panel surya yang paling umum dikenal secara konvensional adalah solar panel monocrystalline dan polycrystalline. Simak selengkapnya pada artikel berikut!
Perbandingan Antara On-Grid Solar Panel dengan Off-grid
Mar 04, 2024
On-grid solar panel dikenal juga sebagai grid-tied solar panels or grid-connected solar panels. Cari tahu selengkapnya pada artikel berikut ini!
Monocrystalline Solar Panel untuk Estetika Bangunan
Mar 02, 2024
Monocrystalline solar panel adalah jenis modul fotovoltaik yang terbuat dari struktur kristal tunggal dari material silikon. Simak kelebihan dan kekurangannya!
Pemasangan dan Instalasi Atap Panel Surya
Mar 01, 2024
Dalam sistem Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Atap, instalasi komponen atap panel surya perlu memperhatikan persyaratan administrasi dan teknis.
Memahami Pengertian Logistik dalam Supply Chain
Feb 22, 2024
Dalam rantai pasokan (supply chain), pengertian logistik merujuk pada manajemen distribusi barang dan jasa dari titik produsen ke titik konsumen akhir.