Alarm Cerdas dari Notifier: Intelligent Addressable Fire

Posted on Jul 17, 2023

Intelligent Addressable Fire adalah sebuah konsep yang melibatkan penggunaan teknologi addressable dalam sistem alarm kebakaran Notifier. Dalam sistem...


Intelligent Addressable Fire adalah sebuah konsep yang melibatkan penggunaan teknologi addressable dalam sistem alarm kebakaran Notifier. Dalam sistem alarm cerdas ini, setiap perangkat deteksi dan periferal lain seperti detektor asap, detektor panas, modul ekspansi dan pemancar suara, memiliki alamat yang unik yang memungkinkan panel kontrol untuk mengidentifikasi secara presisi lokasi dan status setiap perangkat dalam sistem.

Alarm Cerdas dari Notifier: Intelligent Addressable FireKey Takeaways:

  • Mengenal apa itu Notifier dalam sistem alarm kebakaran
  • Mengetahui keunggulan panel kontrol dari Notifier.

Mengapa Memilih Intelligent Addressable Fire System?

Sistem alarm dengan teknologi addressable dikembangkan dengan berbagai keunggulan untuk memberikan hasil lebih baik daripada sistem alarm konvensional. Dalam sistem alarm cerdas Notifier, panel kontrol memainkan peran paling penting yang memastikan kerja berbagai fungsi dari intelligent addressable fire.

Kelebihan Notifier dalam teknologi Intelligent Addressable Fire meliputi:

Pertama, kemampuan untuk memantau secara individu setiap perangkat dalam sistem alarm kebakaran. Hal ini berkat control panel-nya yang dibuat dengan beragam fitur safety yang didukung cara kerja cepat dan presisi.

Panel kontrol mendeteksi status dan kondisi perangkat secara real-time, termasuk keberadaan asap, suhu yang meningkat, atau kerusakan pada perangkat. Informasi ini kemudian digunakan untuk mengambil tindakan yang sesuai dan mengirim respons yang tepat dalam situasi kebakaran.

Selain itu, panel kontrol dalam sistem ini dirancang agar mampu mengidentifikasi lokasi secara presisi dari perangkat yang terdeteksi. Dengan menggunakan teknologi teralamatkan, panel kontrol akan menerima sinyal dari perangkat deteksi yang teraktivasi dan mengidentifikasi alamat perangkat yang terlibat. 

Kedua, kemampuan untuk melakukan pemrograman Cause and Effect yang canggih. Hal ini memungkinkan pengaturan respons khusus berdasarkan kejadian atau kondisi tertentu. Dengan demikian maka panel kontrol dapat mengaktifkan sistem pemadaman otomatis secara otomatis jika detektor asap mendeteksi keberadaan asap di suatu zona. 

Ketiga, menawarkan kemudahan dalam instalasi dan pengoperasian. Dengan adanya fitur auto-learn function, panel kontrol dapat secara otomatis mengenali perangkat yang terhubung dalam sistem. Hal ini mengurangi waktu dan usaha yang dibutuhkan untuk mengkonfigurasi dan mengintegrasikan perangkat dalam jaringan alarm kebakaran.

Panel kontrol yang dilengkapi visual yang jelas serta tombol bantuan dan panduan memudahkan pengguna dalam mengoperasikan sistem. Fitur seperti backlit buttons dan on-screen help memberikan panduan yang diperlukan dalam situasi darurat, sehingga meminimalkan kesalahan dan memastikan respons yang tepat waktu.

Keempat, memberikan keunggulan dalam deteksi dini, respons cepat dan pemantauan yang akurat. Dengan kemampuan untuk mengidentifikasi lokasi persis dan memantau setiap perangkat secara individu, sistem ini memberikan tingkat kehandalan yang tinggi dalam melindungi fasilitas dari bahaya kebakaran.

Kelima, Panel kontrol Intelligent Addressable Fire tersedia dalam model 1 atau 2 loop, menjamin fleksibilitas dalam desain sistem dan kemampuan untuk memperluas jaringan sensor kebakaran. Setiap loop dapat mengakomodasi hingga 318 perangkat, termasuk 159 detektor dan 159 modul. Dengan kapasitasnya yang besar panel kontrol mampu mengendalikan dan memantau seluruh perangkat dalam sistem alarm kebakaran.

Mengapa Memilih Intelligent Addressable Fire System?Kelebihan lain yang ditawarkan fire alarm control panel dalam sistem ini berupa 64 zona deteksi kebakaran dengan indikasi LED per zona. Petugas keamanan dapat mengidentifikasi zona yang terdeteksi dengan cepat dan akurat.

Baca juga: Mengenal Jenis dan Cara Kerja Fire Alarm System

 

Notifier by Honeywell di MBS

Intelligent Addressable Fire dari Notifier merupakan sebuah revolusi dalam sistem alarm kebakaran. Fokus pada pendeteksian yang cepat dan akurat serta penanganan yang cerdas, sistem alarm kebakaran ini menawarkan solusi efektif khususnya bagi industri dengan struktur bangunan dan ruangan yang kompleks. 

Sebagai salah satu distributor resmi Indonesia, MBS menyediakan produk-produk Honeywell termasuk Intelligent Addressable Fire Notifier. Silakan kunjungi website resmi perusahaan untuk melihat katalog lengkap.

Read Next

Memahami Pengertian Logistik dalam Supply Chain
Feb 22, 2024
Dalam rantai pasokan (supply chain), pengertian logistik merujuk pada manajemen distribusi barang dan jasa dari titik produsen ke titik konsumen akhir.
Efisiensi Biaya Logistik adalah Strategi Supply Chain
Feb 21, 2024
Biaya logistik adalah semua jenis biaya yang dikeluarkan dalam proses pengadaan, perpindahan dan distribusi barang/material dalam sistem supply chain.
Jenis dan Cara Mengoptimalkan Solar Panel Efficiency
Jan 31, 2024
Artikel ini akan membahas tentang apa itu solar panel efficiency, jenis-jenisnya, cara mengoptimalkan, hingga faktor yang memengaruhi efisiensi panel surya.
Mengenal Jenis dan Tips Pemasangan Solar Panel System
Jan 29, 2024
Jika Anda tertarik pasang solar panel system di rumah maupun gedung bangunan, berikut informasi yang perlu diperhatikan. Simak artikel ini hingga tuntas!
Strategi Pengembangan Pasar: Pengertian, Tahapan, dan Tantangannya
Jan 29, 2024
Strategi pengembangan pasar menjadi cara yang banyak digunakan perusahaan terkemuka dunia. Cari tahu lebih jauh mengenai market development strategy di sini.
Cold Chain Logistics: Pengertian, Proses, dan Manfaatnya
Jan 27, 2024
Simak pembahasan lebih lanjut di bawah ini mengenai apa itu cold chain logistics hingga bagaimana perusahaan mengintegrasikan cold chain logistics.